Home / Ragam

Selasa, 19 April 2022 - 06:42 WIB

KELEBIHAN PRODUK ORGANIK BUAH DAN SAYURAN  MENURUT YEREMIAN ABATAN.( Disarikan : Chales Malelk,SP,M.Si)

Yeremian Abatan sianak muda dengan semangat tinggi melakukan terobosan

tanaman organik

Jakarta, April , Suara Republik News (SRN), Pada suatu ketika kata Charles Malela SP,M.Si, pakar Eco Enzyme ini saya berkunjung ke lapak sayuran dan buah organik milik Anak Muda Yeremias Abatan di Area Pasar Baru Kefa, NTT. Yeremias Abatan bersemangat dan berani melakukan terobosan luar biasa untuk membuka kios sayuran dan buah organik pertama di NTT, ujar Charles, Yeremias Abatan si anak muda ini, sungguh sangat berani melakukn terobosan menjual sayuran dan buah-buahan organik dikios yang dimilikinya. Untuk yang pertama kali di Nusa Tenggara Timur ( NTT) Anak muda ini terus pencerahan mengedukasi masyarakat untuk mengkonsumsi pangan sehat, terutama sayuran dan buah organik.

Pada saat itu, saya kata Charles Malelak Pakar Eco Enzyme ini berkesempatan berbinncang dengan anak muda ini. Banyak hal menarik yang kami perbincangkan terutama seputaran sayuran dan buah organik. Mulai dari budidaya, suplay sayuran dan buah, membangun jaringan, pendampingan oleh penyuluh Dinas Pertanian TTU, hubungan dengan youth Program Green Skill II binaan Plan Area Timor dan Kinara Indonesia dan lain sebagainya. Yeremias Abatan mengatakan bahwa untuk bisa bertahan maka suplay harus bisa tetap terjaga terutama dari para youth binaan Program Green Skill II Plan Area Timor dan Kinara Indonesia. Memang kemampuan pasar untuk menyerap produk organik terutama produk organik yang sesuai dengan keinginan konsumen, masih menjadi kendala. Tetapi anak muda Yeremias Abatan dengan semangat mengatakan kepada saya bahwa untuk bisa menjual produk organik, maka kita harus mengedukasi masyarakat untuk mau mengkonsumsi produk organik yang sehat. Menurutnya ini perlu waktu untuk bisa mengedukasi amsyarakat, terutama memberitahu kepada masyarakat bahwa produk organik memiliki kelebihan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Perlu waktu karena merubah prilaku masyarakat terutama konsumen dengan menonjolkan kelebihan produk sayuran dan buah organikk. Secara umum, menurut Anak Muda Yeremias Abatan, produk organik terutama sayuran dan buah organik, memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

  1. Produk organik lebih sehat
Baca Juga  Aksi Edukatif Laudato Si', Berbagi Praktik Baik di Jenjang KB/ TK” Selasa 26 April 20022

Menurut Yeremias Abatan, produk organik terutama sayuran dan buah adalah prooduk yang lebih sehat, bila dikonsumsi. Hal yang palinng penting adalah aman dari bahaya kimia, hal ini disebabkan karena produk sayuran dan buah organik diproduksi mulai dari proses budidaya yang ramah lingkungan atau tanpa bahan kimia terutama pupuk dan pestisida kimia. Dengan demikian maka produk sayuran dan buah organik memiliki kandungan gizi dan komponen bioaktif yang lebih beragam dan untuk beberapa produk sayuran dan buah bahkan lebih tinggi.

Pengetahuan ini, menurut Yeremias Abatan harus diketahui oleh pembeli atau konsumen sehingga akan mempengaruhi  konsumen untuk membeli produk sayuran dan buah organik. Edukasi harus dilakukan kepada pembeli sayuran dan buah organik sehingga akan memperluas segmen pasar untuk produk sayuran dan buah organik baik dari kalangan atas, kalangan menenngah maupun kalangan bawah sekalipun.

  • Dari segi organoleptik lebih baik terutama rasa

Hal menarik menurut Anak Muda Yeremias Abatan adalah bahwa salah satu kelebihan produk organik adalah memiliki rasa yang berbeda dari produk sayuran dan buah lainnya. Misal memiliki rasa manis yang khas, tidak pahit dan asam, serta memiliki daya tahan untuk penyimpanan. Hal ini perlu dilakkukan edukasi keptada konsumen atau pembeli produk sayuran dan buah organik sehingga pengetahuan ini akan mendorong masyarakat membeli dan mengkonsumsi produk organik terutama sayuran dan buah organik.

Salah satu contoh yang dilakukan Anak Muda Yeremias Abatan adalah dengan memberikan kesempatan kepada konsumen atau pembeli untuk mengetes produk sayuran dan buah organik kepada pembeli yang datang. Misalnya terhadap produk ketimun, tidak pahit ketika dihasilkan dari sebuah proses budidaya organik atau tomat akan bertahan lama bila disimpan dan lain sebaginya. Ini sebuah proses edukasi terhadap kelebihan produk sayuran dan buah organik yang dilakukan Anak Muda Yeremias Abatan dalam rangka bisa meraih pasar sayuran dan buah organik ke depan.

  • Dihasilkan dari sistem pertanian yang sangat bersahabat dengan lingkungan hidup
Baca Juga  INDONESIA MENJADI TUAN RUMAH PAGELARAN MISS GLOBAL 2022

Menurut Yeremias Abatan, produk pertanian organik terutama sayuran dan buah memiliki kelebihan karena dihasilkan dari sebuah sistem pertanian yang sangat bersahabat dengan lingkungan. Menurutnya, sistem pertanian ini sangat memperhatikan ecological, ecomical dan sosiological sustainability. Ecological sustainability menyangkut lingkungan alam tempat budidaya maupun dampak global, dimana prosesnya tidak merusak atau selaras dengan alam, sementara economical sustainability menyangkut keberlanjutan secara ekonomi baik keuntungan bagi kios organik maupun maupun secara luas dan sosiological sustainability menyangkut keberlanjutan kios sayuran organik yang berdampak pada masyarakat terutama para petani sayuran dan buah organik. Menurut saya secara pribadi sebagai orang pertanian, ini hal menarik yang harus dilakukan dalam rangka pengembangan pertanian organik ke depan……semoga(Ir. Charles Malelak M.Si merupakan anggota Komite Green Skill dan Pemerhati Pertanian  Organik)

Disisi  lain , menurut Charles Malelak, malam ini Senin 18April akan diadakan  Diskusi  /Dialog interaktif Bersama dengan  Komunitas Eco Enzyme  NTT, Rian Bani, Yeremia Abatan dan Pendeta Jins & ibu pendeta serta pengusah Bima yang didiskusikan ialah  Pembangunan pertanian berbasis Eco Emzyme( Ring-o)

Salam Eco Enzyme(EE), Dengan semboyan “Tiada hari tanpa  EE,Terus menjaga Bumi”

Share :

Baca Juga

Ragam

HAJATAN WADUK SETU DALAM RANGKA HUT DKI JAKARTA YANG KE 495

Ragam

Dr.Terawan Dipecat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI)?

Ragam

Aksi Edukatif Laudato Si’, Berbagi Praktik Baik di Jenjang KB/ TK” Selasa 26 April 20022

Ragam

LEMBAGA PENDIDIKAN KATOLIK

Ragam

Sabam Sirait Mengajarkan Berpolitik dengan Suara Hati

Ragam

MASA PERSIAPAN MENANTI GELOMBANG KE TIGA COVID-19(OMICRON)

Ragam

 PT Jasa Marga Tbk Akan Naikkan Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Sebesar Rp 500.

Ragam

MEMPELAJARI HAL-HAL BARU TIDAK HARUS FORMAL

Contact Us