Home / tulungagung

Senin, 4 Juli 2022 - 18:08 WIB

SRPB Jatim Gelar Pelatihan Climber Rescue

Suararepubliknews.com Tulungagung,,Minggu 3 Juli 2022 Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim  mengelar Pelatihan. Peserta antusias datang ke BPBD Jatim Jalan Letjen S Parman 55, Waru, Sidoarjo yang menjadi lokasi digelarnya pelatihan ini, Minggu, 3 Juli 2022.. Bahkan dari luar kota sejak pagi sudah berada di lokasi.

Hadir juga dalam Arisan ilmu nol rupiah SRPB yaitu Drs  Budi Santoso kepala pelaksana BPBD provinsi Jawa Timur “Ini yang saya tunggu-tunggu bisa ketemu teman-teman SRPB Jatim,” ungkapnya ketika dalam sambutannya ke para peserta.

Dalam kesempatan itu, mantan Kasatpol PP Jatim ini mengemukakan tentang, penanganan bencana perlu dilakukan oleh multipihak. Salah satunya dengan keterlibatan dan peran aktif relawan.” Katanya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Budi Santosa langsung membuka pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kompetensi relawan.

“Ini kegiatan yang luar biasa. SRPB Jatim bekerja sama dengan BPBD Jatim dan ini harus terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Ke depan, ia akan lebih banyak melibatkan relawan untuk berpartisipasi. Salah satunya dengan tindakan preventif menghadapi bencana, seperti menanam pohon atau reboisasi. Selain itu, BPBD Jatim berencana membuat Taman Edukasi Bencana yang gratis bagi seluruh lapisan masyarakat.

Pemateri Muhammad Asruri Syam memberikan materi yang mudah dicerna dan sederhana. Tak lupa praktik memanjat wall climbing (dinding panjat) yang berada di kompleks BPBD Jatim.

Ada tiga materi utama yang diberikan. Yakni Ascending Methods, Descending and Rappelling Methods, dan Changeovers and Self Rescue Methods. Sedangkan materi tambahan adalah vertical rescue.

Dalam materinya, Muhammad Asruri Syam mengungkapkan ada beberapa ketrampilan yang harus dimiliki relawan dalam climber rescue. Di antaranya punya semangat dan  tidak takut ketinggian, bisa memanjat dan turun, serta tahu alat yang digunakan.

Baca Juga  Siswa Siswi SMPN 01 Tanggunggunung Gelar Bagi Takjil

“Peserta juga bisa melakukan pemilihan alat yang sesuai, bisa melakukan pemeriksaan alat, bisa menggunakan berbagai macam jenis alat untuk naik dan turun, bisa membuat simpul dan jerat, serta mengetahui fungsinya,” jelas instruktur vertical rescue Accessina dan instruktur Arai Indonesia ini.

Menurut Koordinator SRPB Jatim Dian Harmuningsih, pelatihan Personal Skills and Climber Rescue ini merupakan bagian dari Arisan Ilmu Nol Rupiah edisi ke-40.

“Pelatihan ini merupakan bukti keguyupan dan kedisiplinan relawan dan bisa bermitra dengan BPBD Jatim. Sebagai pengurus kita memang harus melayani dan mengabdi,” katanya.

Selain materi teori dan praktik pelatihan, juga dilakukan MoU antara SRPB Jatim dengan Poltekkes Kerta Cendekia Sidoarjo. MoU ditandatangani oleh Dian Harmuningsih dan perwakilan Poltekkes Kerta Cendekia Sidoarjo Dini Prastyo Wijayanti.

Haris relawan LMI Rescue sangat senang mendapatkan materi ini, “Materinya adalah

1. Ascending methods

2. Descending and Rappelling Methods

3. Self Rescue Methods.

“Selain teori saya juga mempraktekkan ilmu tersebut di wall climbing yang ada di lokasi pelatihan ” tutupnya….Kbt

Share :

Baca Juga

tulungagung

Pemdes Jengglungharjo Salurkan BLT DD Tahun 2023

tulungagung

Asidewi Kabupaten Tulungagung Sayangkan Tour Pelajar Bukan di Wilayah Sendiri Namun di Luar Kabupaten

tulungagung

DPRD TULUNGAGUNG, RETORIKA DAN FAKTA

tulungagung

Lagi – Lagi Sidang di Tunda,Kadinsos Tulungagung Diduga Enggan Hadiri Sidang Di Komisi Informasi Jatim

tulungagung

PSNU Pagar Nusa Tanggunggunung Berikan  Bantuan Sembako Kepada Mbah Jinah,Korban Rumah Kebakaran

tulungagung

Pemerintah Desa Tanggunggunung Salurkan BLT DD ke 25 KPM tahun 2023

tulungagung

Penyerahan Bantuan Kapolres Tulungagung  untuk Renovasi Masjid Darussalam Dusun Jinggring

tulungagung

Respon LMI Rescue Peduli Banjir Dan Tanah Longsor Kabupaten Lumajang Jatim

Contact Us