Home / Jawa Barat

Sabtu, 10 Juni 2023 - 22:39 WIB

EUIS ROMAYA AKAN DI-LP-KAN TERKAIT DUGAAN PEMALSUAAN TANDA TANGAN ANGGOTA DEWAN KOTA CIMAHI

Euis Romaya anggota DPRD Kota Cimahi

Kota Cimahi, Suara Republik News,Com,-  Jum’at (02/06/2023).Sesuai dengan ketentuan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan satu lembaga negara yang bebas dan mandiri dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, termasuk di dalamnya keuangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Penggunaan bantuan keuangan partai politik pada dasarnya diberikan untuk mendukung kinerja partai politik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, terutama dalam hal pendidikan politik. Selain itu juga sebagai dana penunjang kegiatan operasional sekretariat partai politik.

EKO.S.mantan Sekertaris   DPC , salah satu Parpol. Terkait dengan hal di atas Mantan Sekertaris DPC salah satu Partai di Kota Cimahi Eko S. Mengutarakan , ketika ditemui beberapa awak media membeberkan hal yang mengejutkan terkait laporan dana BANPOL (Bantuan Partai Politik) tahun anggaran 2022  yang diduga fiktif .

Eko S. juga menambahkan dirinya merasa didzolimi dan difitnah karena dirinya disebut pernah menerima dana BANPOL tersebut sebasar Rp. 750.000 sebanyak tiga kali sebagai daftar hadir narasumber dan uang saku narasumber dalam rentan waktu yg berbeda. Yaitu:

1. Pendidikan dan Pelatihan  Input Sistem Keanggotaan dan Perekrutan yang dilaksanakan pada hari Minggu 17 Juli 2022.

2. Pendidikan dan Pelatihan Menghadapi Verifikasi dan Administrasi dan Faktual pada hari Minggu 09 Oktober 2023

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Kedung jaya Polsek Kedawung sambang Desa jalin korkom Ops Mantap Brata 2023

3. Pendidikan dan Pelatihan Strategi Pemenangan Pemilu pada Minggu 20 November 2022.

Menurutnya ketiga agenda pendidikan dan Pelatihan itu tidak pernah dilaksanakan.

Hal ini tentu saja melakukan pelanggaran pasal 263 ayat (1) KUHP

“Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat,yang dapat menerbitkan sesuatu hak,sesuatu perjanjian atau sesuatu pembebasan utang atau yang boleh dipergunakan bagi suatu perbuatan dengan maksud akan menggunakan atau menyuruh orang lain seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan,maka jika mempergunakannya dapat merugikan hukum bagi orang lain karena pemalsuan surat maka diancam dengan pidana penjara enam tahun”.

Eko S. Mantan Sekretaris DPC salah satu Parpol tersebut .mengatakan.

“Saya akan melaporkan Ibu Ketua kepada yang berwajib, karena namanya dicatut dalam laporan  bantuan Politik dari Pemkot Cimahi melalui Bakesbang pol Kota Cimahi dan yang lebih membuat saya geram bahwa tandatangan saya telah dipalsukan”ungkapnya.

Seperti yang telah di beritakan oleh beberapa awak media yang tergabung di Humas DPRD Kota Cimahi,

Eko S. yang dipecat (menurut pengakuannya) dari jabatannya sebagai Sekertaris DPC salah satu Partai tersebut dipecat paska Rakornas Partai itu. Eko S.juga manambahkan.

“ini menyangkut nama baik dan harga diri saya, maka saya harus melaporkannya kepada pihak yang berwajib agar nama saya tidak jelek”.

Dalam waktu dekat ini Eko S. ”  akan meng LP kan Ketua DPC Euis Romaya  ” yang sekaligus sebagai anggota DPRD Kota Cimahi dari Fraksi yang hanya memiliki satu kursi di DPRD Kota Cimahi ini.

Agar pemberitaan berimbang  para awak media melakukan konfirmasi kepada Euis Romaya melalui Whatsapp dan telepon seluler namun sampai berita ini di turunkan saat dimintai konfirmasi oleh pihak media,Euis Romaya belum dapat memberikan konfirmasi dengan alasan masih banyak agenda yang sedang dijalaninya.

Baca Juga  Polresta Cirebon Gelar Apel Siaga Bencana Musim Hujan

(Narsum Gibby /Rin- Tera)

Share :

Baca Juga

Jawa Barat

Personil POS PAM Bunder Polresta Cirebon Sigap Bantu Korban Kecelakaan

Jawa Barat

Jamin Keamanan Pemilu 2024, TNI-Polri Gelar Latihan Gabungan Fungsi

Jawa Barat

Selama Januari – Februari 2023, Satresnarkoba Polresta Cirebon Ungkap 24 Kasus dan Amankan 29 Tersangka

Jawa Barat

Polresta Cirebon Amankan Pengedar Sabu

Jawa Barat

Laporan Pansus 5 DPRD  Cimahi Setujui Retribusi Parkir dan Pajak Daerah

Jawa Barat

Antusias Pelajar  SD Negeri 01 Sukasari ikuti Gelaran Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Jawa Barat

MARIA FITRIANA RESMI DILANTIK SEBAGAI Pj. SEKDA KOTA CIMAHI

Jawa Barat

Pansus VI: DLH Jabar Bisa Tiru Sumsel Urus Persoalan Tanah

Contact Us