Home / Banten

Senin, 19 September 2022 - 06:13 WIB

Azyumardi Azra Meninggal Dunia, PWI Lebak Kehilangan Sosok Dewan Pers yang Komitmen Dorong SDM Jurnalis

Suara Republik News, Lebak Banten– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kehilangan sosok Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra yang memiliki komitmen untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) para jurnalis.

“Kita tentu merasa kehilangan sosok Azyumardi yang meninggal di Rumah Sakit Selangor, Malaysia,” kata Ketua PWI Kabupaten Lebak Fahdi Khalid di Lebak, Minggu (18/09/2022).

Menurut Fahdi Khalid, pemikiran almarhum Prof. Azyumardi Azra untuk kemajuan Pers di Indonesia cukup luar biasa, diantaranya mendorong peningkatan SDM jurnalis.

Para jurnalis harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan dari berbagai lembaga kewartawanan dan lembaga keilmuan jurnalistik (komunikasi) sebagai penguji yang diberi hak meliputi asosiasi wartawan, seperti AJI, IJTI, PWI, badan usaha pers (Kompas, Jawa Pos, dan lain-lain).

“SDM tersebut mutlak harus dimiliki bagi pewarta, terlebih menghadapi berkembangnya teknologi digitalisasi, sehingga harus ‘melek teknologi’ untuk menjadi jurnalis profesional,” ujar Fahdi.

Para jurnalis juga dituntut cepat untuk menyajikan berita-berita yang menarik, berkualitas, berimbang sesuai kaedah etika jurnalis (KEJ), sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Azyumardi Azra lahir di Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat, 4 Maret 1955, dikenal sebagai cendekiawan muslim dan pernah bekerja menjadi wartawan Panji Masyarakat, tahun 1979 sampai 1985.

Almarhum merupakan mantan rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta dan terpilih menjadi Ketua Dewan Pers dalam susunan kepengurusan periode 2022-2025.

Untuk diketahui, Ketua Dewan Pers ini meninggal dunia setelah sebelumnya sempat jatuh sakit saat mengunjungi Malaysia pada Jumat sore, 16 September 2022.

“Kami do’akan semoga almarhum Prof Azyumardi Azra husnul khotimah dan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” lirih Fahdi Khalid. (Iwan/Sapei)

Share :

Baca Juga

Banten

MUI Lebak Ajak Masyarakat Terus Boikot Produk Israel

Banten

Kapolres Lebak Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Kodim 0603 Lebak

Banten

Diduga  Korsleting Listrik Rumah Lansia Dicijaku Ludes Terbakar

Banten

Dinsos Lebak Tindak Tegas, Pecat Oknum Pegawainya Setelah Unggah Video Mesum di Medsos

Banten

4 Warga Lebak  Tertimbun Tanah Longsor, 2 Orang dinyatakan Tewas.

Banten

Diduga Jadi Korban tabrak Lari,Seorang Wanita Asal Cijaku Tewas Mengenaskan

Banten

Cek Batas Waktu dan Syarat Pindah TPS Pemilu 2024.

Banten

Pembangunan Jembatan Gantung Sumberwaras Perlu Diawasi Lebih Ketat Lagi.

Contact Us