Home / Buru

Selasa, 14 Desember 2021 - 04:53 WIB

Bebas Murni & Jalani Integrasi, WBP Dikeluarkan dari Lapas kelas 111 Namlea

Maluku(Pualau Buru)SuaraRepublikNews.co. – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea kembali melaksanakan pembebasan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (10/12). Kali ini, empat WBP atas nama,AB, RB, NB, dan BB, telah selesai menjalani masa pidananya selama enam bulan dan memenuhii syarat sehingga dinyatakan bebas dengan status bebas murni. Tiga hari berselang, Senin (13/12) dua WBP an. SU dan VP juga bebas murni setelah kurang lebih enam bulan menjalani masa pidananya di Lapas Namlea.

Proses pengeluaran WBP tersebut berjalan lancar dan sesuai SOP yang berlaku. Staf Admisi dan Orientasi, La Ode Rudi Herwanto, telah melakukan pemeriksaan mengenai kelengkapan berkas, perhitungan tanggal ekspirasi, serta penginputan data dan dokumen pendukung pada aplikasi Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) sehingga dilaksanakan pembebasan kepada WBP yang bersangkutan.

“Kami telah melaksanakan pembebasan terhadap WBP setelah diperiksa berkas, perhitungan manual tanggal ekspirasi, dan penginputan data pada SDP. Sebelumnya, yang bersangkutan juga sudah membayar denda,” ujar La Ode.

Ia berharap WBP setelah bebas tidak mengulangi tindak pidana yang dilakukan. “Jangan ulangi lagi kesalahan yang sama. Apa yang didapatkan selama menjalani pembinaan di sini jadikan sebuah pembelajaran untuk menjalani hidup lebik baik lagi. Kalian juga harus kembali berbaur dan berperan aktif di lingkungan masyarakat serta menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab,” pinta La Ode.

Hal senada disampaikan Kepala Subseksi (Kasubsi) Admisi dan Orientasi, Valda. R. Sopacua. “Apa yang diterima selama di sini, pertahankan. Jangan lagi ulangi, jangan lagi kembali ke sini. Ubah mindset dan jadi pribadi yang berguna bagi keluarga dan masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Namlea, Ilham, berjanji akan terus berikan pelayanan yang baik dan prima kepada WBP maupun masyarakat. “Pelayanan yang kami berikan gratis. Saya akan selalu kontrol dan pastikan itu. Semoga pembinaan yang didapatkan selama berada di Lapas bisa bermanfaat serta membuat WBP kembali menjadi warga yang berperilaku baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” harap Ilham.

Baca Juga  Gegara Pemberitaan Maraknya  Perjudian,  Semua Wartawan   Dibelu Diancam OTK

Jurnal Maluku(I.w)

Share :

Baca Juga

Buru

PAD Tahun Ini Naik Diperoleh Dari Pajak Dan Retribusi Kota Ambon

Buru

Ratusan Personel Polda Maluku Gelar Bakti Religi di Lima Rumah Ibadah di Ambon

Buru

Bermodal SPPL Siu-p tidak jelas,CV Masrah Berani Melakukan Pembunuhan  Ribuan Pohonan Manggrove.

Buru

Melaksanakan Latihan Pra Operasi (LPO) yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku

Buru

novasi Pesantren Kilat Polsek Waesama Polres Buru Selatan Dengan Tema Pesan Damai Ditebar Dari Pelosok Melalui Pesantren Kilat

Buru

Meski Welewati Medan Jalanan Yang Begitu Sulit Untuk Dilewati; Kapolres Buru Tetap Semangat Saat Meninjau Pos PAM Gunung Botak

Buru

Kembali Dibangun Jembatan NKRI 04 Kabupaten Buru Selatan yang baru Diresmikan oleh Danrem 151/Binaiya Kodam XVI/Pattimura

Buru

Puluhan Pemuda Lakukan Aksi Damai Di Mapolresta Ambon Dukung Polri Sukses Dalam Amankan Pemilu

Contact Us