Home / Nasional

Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:27 WIB

Harga Gabah Kering di Indramayu Rata-Rata Rp 7.400, Jokowi: Petani Senang, Konsumen Sebaliknya

Presiden Jokowi menuturkan, harga gabah kering panen (GKP) di Indramayu rata-rata sekitar Rp 7.400. Menurut Jokowi, hal itu membuat petani senang, tapi hal sebaliknya dirasakan oleh konsumen. (foto: istimewa)

Jakarta, suararepubliknews.com – Presiden Jokowi menuturkan, harga gabah kering panen (GKP) di Indramayu rata-rata sekitar Rp 7.400. Menurut Jokowi, hal itu membuat petani senang, tapi hal sebaliknya dirasakan oleh konsumen. (foto: istimewa)

RADAR TANGSEL RATAS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen raya di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Titik panen raya yang ditinjau Jokowi yakni di Jalan PLTU Indramayu, Desa Karanglayung, Sukra, Jawa Barat. Gabah yang dihasilkan rata-rata 8,6 ton per hektare.

 

Menurut Jokowi, harga gabah kering saat ini membuat petani sangat senang. “Ya baik ini, kalau kemarin di Subang di Indramayu saya kira karena memang irigasi teknisnya masih sangat bagus. Ini saya tadi tanyakan kepada petani satu hektare bisa delapan hingga sembilan ton, rata-rata 8,6 ton per hektare,” ungkap Jokowi usai melakukan peninjauan eninjau, Jumat (13/10/2023).

 

Jokowi menuturkan, harga gabah kering panen (GKP) di Indramayu rata-rata sekitar Rp 7.400. Dia mengatakan hal itu membuat petani senang, tapi hal sebaliknya dirasakan oleh konsumen.

 

“Dan harga gabahnya sekarang senang semua petani, Rp7.300, Rp 7.400, Rp 7.200 ya semua petani senang tapi ada yang enggak senang, konsumennya,” ujarnya.

 

Jokowi melihat, produksi gabah di lokasi tersebut masih cukup baik, meskipun ada sedikit penurunan akibat dampak El Nino.

“Ini yang saya lihat ke bawah itu untuk memastikan bahwa produksi itu masih baik, tapi memang turun karena super El Nino. Tapi masih baik jadi jangan nanti kita terkondisikan wah kelihatan ngeri sekali, produksi masih baik tetapi memang terganggu sedikit oleh super el nino,” tutur Jokowi..

Baca Juga  HUT Ke-76 BIN: Transformasi Intelijen di Era "Society 5.0"

 

Sebelumnya, Jokowi menyempatkan diri meninjau area sawah yang tengah panen di Jalan PLTU Indramayu, Jawa Barat. Terlihat sejumlah petani tengah beraktivitas di lokasi.

 

Beberapa dari mereka memarit padi dan mengumpulkannya di satu titik. Ada juga yang menggilingnya dengan mesin agar mudah dipisahkan dengan gabah. Jokowi pun sesekali mengajak ngobrol petani di lokasi.

 

Selain ditemani Arief Prasetyo, hadir juga Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, hingga Bupati Indramayu Nina Agustina. ( red ).

Share :

Baca Juga

Nasional

Enam Guru Humbahas Pelatihan Metode Gasing di Manokwari, Bupati Markus Waran Beri Apresiasi

Nasional

Mantap !!! PNS Bebas Mudik

Nasional

Tinjau Blok Rokan, Presiden Yakin SDM Nasional Mampu Kelola Potensi Migas Dalam Negeri

Nasional

Menko Marves Kunker ke Humbahas, Lihat Kemajuan Pengembangan TSTH2

Nasional

Dirjen PSP Kementrian RI Terima Proposal Bupati Khenoki Waruwu, Akan Ditindak Lanjut Waktu Dekat

Nasional

Pdt. Dr. Ronny Mandang Ketum PGLII Dengan Penganiayaan Yang Dialami M Kece Harusnya Bebas Murni

Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna Sumedang

Nasional

Kapolri Tinjau Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan, Apresiasi Kerja Keras Tim Gabungan

Contact Us