Home / Ragam

Kamis, 9 Juni 2022 - 13:33 WIB

Mengapa Hari Lingkungan Hidup Sedunia Diperingati Tanggal 5 Juni?

Di Stockholm+50, Menteri LHK Tekankan Solidaritas dan Kolaborasi Aksi Lingkungan

Jakarta, Juni, Suara Republik News (SRN), 5 Juni merupakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau disebut World Environment Day. Peringatan ini dirayakan oleh semua negara, dengan berbagai tema dan isu yang berbeda setiap tahunnya. Tentunya, tema menyesuaikan dengan isu lingkungan yang krusial untuk dibahas. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum untuk mengingatkan manusia agar selalu menjaga alam sekitar. Seperti yang kita tahu, sekarang sedang santer terdengar permasalahan lingkungan yang terjadi di dunia seperti, pemanasan global, pencemaran, polusi dan lainnya. Sebagai manusia yang paling dekat dengan alam, menjaga lingkungan adalah suatu kewajiban demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup dicetuskan pada saat Konferensi Lingkungan Manusia atau Konferensi Stockholm pada tahun 1972 dilansir dari IDN Times Konferensi ini merupakan konferensi besar pertama yang membahas mengenai isu lingkungan hidup yang digelar di Stockholm pada 5-16 Juni 1972. Karena, saat itu masalah lingkungan sedang menjadi perhatian serius bagi banyak negara. Kemudian pada konferensi tersebut, Jepang dan Senegal menjadi negara pengusul pertama agar diperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Selain itu, melalui konferensi ini juga menghasilkan kesepakatan yang berkaitan dengan lingkungan diantaranya:

1. Deklarasi Stockholm, yang isinya berkaitan dengan prinsip dalam mengelola lingkungan berdasarkan hukum lingkungan internasional;

2. Rencana Aksi, meliputi perencanaan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam, pemukiman, pendidikan tentang lingkungan hidup, dan pengendalian pencemaran lingkungan;

3. Segi Kelembagaan, terbentuknya United Nations Environment Program (UNEP) yang bertugas dalam menangani kebijakan serta program lingkungan.

Lalu, pada 15 Desember 1972, Majelis Umum PBB resmi menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Keputusan ini juga menghimbau semua negara-negara serta organisasi yang dibawah naungan PBB agar memperingati hari ini setiap tahunnya.

Baca Juga  INDONESIA MENJADI TUAN RUMAH PAGELARAN MISS GLOBAL 2022

Kemudian, PBB juga menegaskan agar semua negara meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian serta peningkatan lingkungan. Dua tahun setelahnya, peringatan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama dilakukan pada 5 Juni 1974. “Only One Earth” pun menjadi tema perdana dalam perayaan ini. Melansir dari laman United Nation, #OnlyOneEarth merupakan bentuk kampanye untuk Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2022

Apa yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan ?

Banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan saat memperingati Hari Lingkungan Hidup. Melalui momen ini, semoga dapat membiasakan diri untuk melakukan kegiatan yang bernilai positif terhadap lingkungan, di antaranya:

a. Mengurangi sampah Tentunya kita sudah diajarkan banyak tentang cara mengurangi sampahSalahsatu yang paling gampang adalah melakukan daur ulang sampah agar menjadi barang yang berguna. Sebagai contoh mendaur ulang botol plastik menjadi media tanam. Ini merupakan sebuah langkah kecil tapi sangat berarti.

b. Menanam pohon Pohon adalah salah satu sumber kehidupan manusia. Pohon memiliki banyak sekali manfaat seperti, menyerap gas polutan, menyaring partikel dari udara, menghasilkan oksigen, serta menjadikan suasana teduh dan adem.

c. Beraktivitas menggunakan sepeda Seperti yang kita ketahui, kendaraan bermotor dapat menimbulkan polusi udara yang berasal dari karbon monoksida. Dengan menggunakan sepeda, tentunya kita ikut berperan dalam mengurangi pencemaran udara. Selain itu, badan kita juga akan lebih sehat dan bugar.

d. Menjadi sukarelawan lingkungan Mengikuti acara sukarelawan lingkungan dapat menjadi pilihan untuk memperingati Hari Lingkungan Sedunia. Kamu dapat mengisi kegiatan dengan memungut sampah, membersihkan sungai, membersihkan jalan, dan sebagainya. Dikutip dari laman resmi PPID Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan RI, Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun ini kembali diperingati dengan tema yang sama seperti 50 tahun yang lalu yaitu “Only One Earth” (Sustainably in Harmony with Nature). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI telah memutuskan untuk menggunakan tema Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”.( Ring-o)

Baca Juga  Sabam Sirait Mengajarkan Berpolitik dengan Suara Hati

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022(The Northern Forum )

Share :

Baca Juga

Ragam

MERDEKA DARI PENYAKIT KRONIS

Ragam

DR.HARRY DARSONO, Ph.D SEORANG PERANCANG BUSANA,DESIGNER, MUSISI  PSIKOLOG DAN PENDIDIK YANG MENDUNIA

Ragam

Usai Hadiri Pernikahan Ponakan di Pardagangan Siantar, Sempatkan Diri Kunjungan Ke Danau Toba ( Rumah Mertua )

Ragam

Fosil Reptil Laut Tertua Ditemukan di Belahan Bumi Selatan, Ungkap Perjalanan Global yang Mengejutkan

Ragam

PERJALANAN Ir.ADHARTA M.Sc  KE BATAM

Banten

Hasil Rapat Pleno PWI KotaTangerang, R. Herwanto Terpilih Sebagai Plt Ketua PWI Kota Tangerang

Ragam

DUA EKOR KELINCI MEMBAGI SEPOTONG ROTI KEPADA SEEKOR MONYET.

Ragam

Aksi Edukatif Laudato Si’, Berbagi Praktik Baik di Jenjang KB/ TK” Selasa 26 April 20022

Contact Us