Home / Buru

Rabu, 6 Maret 2024 - 18:04 WIB

Saat Penyerahan Rumah Khusus di Kariuw, Ini Pesan Kapolda: Jaga persaudaraan dan kedamaian di Pulau Haruku.

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menghadiri kegiatan penyerahan kunci dan pemanfaatan rumah khusus kepada masyarakat Kariuw

 

AMBON.SuaraRepublikNews.Com.-POLDAMALUKU- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menghadiri kegiatan penyerahan kunci dan pemanfaatan rumah khusus kepada masyarakat Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Penyerahan rumah khusus yang ditandai dengan pemberian kunci rumah secara simbolis ini dilangsungkan di Gereja Ebenhaezer, Negeri Kariuw, Rabu (6/3/2024).

Turut hadir Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Pejabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan, Kasubdit Wilayah III Direktorat Rumah Khusus, Kadis Perumahan & Kawasan Pemukiman Provinsi Maluku, dan pejabat lainnya.

Kapolda dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat agar dapat menjaga keamanan, kedamaian dan meningkatkan persaudaraan di Pulau Haruku.

“Saya punya kewajiban dan tanggung jawab  yang besar dalam proses penyelesiaan konflik di Kariuw dan Pulau Haruku ini. Jadikan peritiwa tersebut masa lalu tersebut sebagai introspeksi bagi semua pihak untuk jangan pernah terulang kembali, mari kita jalani hari ini dengan rasa syukur dan menatap masa depan bersama dengan optimis di Bumi Raja-raja Maluku, khususnya di Pulau Haruku ini agar terus aman kondusif dan harmonis,” pinta Kapolda.Menurutnya, wilayah Maluku memiliki potensi sumber daya alam yang baik dalam membuka lapangan pekerjaan oleh pemerintah. Olehnya itu wilayah ini harus aman dan tentram sehingga ruang usaha dapat terbuka. Bahkan, dapat menarik investor dari luar untuk membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Maluku.

“Jangan ada lagi konflik-konflik di wilayah Maluku ini, sehingga ke depan kita bisa siapkan anak cucu kita untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” harapnya.

Baca Juga  Kejari Buru,Diminta Periksa Kadis PUPR. Dan Bos CV.JBP

Kapolda pun mengajak masyarakat untuk berani menyalurkan bakatnya dalam membangun dunia usaha dan melawan kemiskinan. Bukan sebaliknya berani untuk berkelahi dan bertikai melawan saudara sendiri yang merugikan diri dan keluarga serta masyarakat.

“Proses pembangunan rumah ini tidak mudah karena di awali dengan kejadian yang penuh dengan duka dan air mata sehingga apa yang diberikan negara kepada rakyat harus kita jaga bersama,” katanya.

Kepada pihak PUPR, Kapolda berharap agar dalam proses pembangunan rumah di Kariuw dapat dilakukan secara merata sehingga tidak ada persoalan lagi di antara masyarakat.

“Dan ini adalah wujud kepedulian dari Bapak Presiden RI bahwa Negara harus hadir di tengah tengah kehidupan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Pejabat Bupati Maluku Tengah menyampaikan atas nama Pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PUPR atas kerja keras dan dedikasinya dalam pembangunan rumah bagi masyarakat Negeri Kariuw.

“Kepada seluruh masyarakat yang menjadi penerima hunian yang telah di bangun, kita harus bersyukur serta berterima kasih atas rumah yang telah di bangun dan diharapkan dapat merasa aman dan nyaman di dalam bangunan tersebut,” harapnya.

Direktur Jendral Perumahan Khusus PUPR yang diwakili Prakarsa Yoga ST. MT, (Kasubdit Rusus Wilayah 3 ), mengatakan, pembangunan rumah kusus merupakan usulan dari kabupaten Maluku Tengah. “Rumah khusus yang dibangun ini tipe 5.6. Yang sudah dibangun sebanyak 50 unit,” ungkapnya.

Atas nama masyarakat Kariuw, Pejabat Negeri Kariuw Pieter Radjawane memberikan apresiasinya kepada semua pihak yang sudah membantu sehingga pembangunan rumah khusus ini dilakukan.

“Atas nama warga kami melihat Negara hadir untuk masyarakat, memang ini merupakan awal 50 unit dan kami tetap menunggu pembangunan berikutnya yang akan dilaksanakan,” ujarnya.

Baca Juga  Balap Liar Di Maluku Kini Jadi Fokus Polda Maluku, Dirlantas: Semua Upaya Dilakukan

Pejabat Negeri Kariuw juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku dan Pangdam XVI/Pattimura bersama personelnya yang telah melakukan pengamanan di negeri Kariuw hingga saat ini.

“Kami masih kekurangan air bersih untuk 50 unit rumah yang telah dibangun dan beberapa rumah warga lainnya, kami harapkan adanya tindakan dari pemerintah agar kami bisa mendapatkan air bersih,” tambahnya.

Untuk diketahui, usai kegiatan penyerahan rumah khusus, Kapolda dan Pangdam bersama rombongan juga meninjau Pos BKO Ramil, Raider 733/Masariku di Perbatasan Negeri Kariuw & Negeri Pelauw. Mereka juga meninjau Mako Polsek Pulau Haruku, serta Mako Koramil 1504/07 Pulau Haruku.

Setelah makan siang bersama, Kapolda, Pangdam dan rombongan kembali menuju Masjid Al-Muhajirin di Dusun Ori untuk melaksanakan Sholat Duhur bersama masyarakat. Selanjutnya, rombongan kembali menggunakan Kapal Polairud Polda Maluku menuju Pelabuhan Tulehu.

(DW)

 

Editor : Enjelina

Share :

Baca Juga

Buru

Pj. WALI KOTA CIMAHI BESERTA FORKOPIMDA MONITORING PERSIAPAN PEMILU 2024

Buru

Am salasatu bos penjualan kayu Meranti ilegal.mengecam wartawan sa’at dikomfirmasi ijin penjualannya.

Buru

Apel Gabungan Personel Polda Maluku, Kapolda: Terus Tingkatkan Pelayanan Masyarakat.

Buru

Gelar Apel Ratusan Personel Satuan Brimob Polda Maluku Untuk Pengecekan Perlengkapan Lapangan

Buru

Kapolresta Cirebon Pantau Harga dan Ketersediaan Beras di Wilayah Kabupaten Cirebon

Buru

Bebas Murni & Jalani Integrasi, WBP Dikeluarkan dari Lapas kelas 111 Namlea

Buru

Alfamidi Gelar Acara Buka Bersama dan Berikan Santunan kepada anak Yatim di Maluku Tengah

Buru

Babinsa Desa Oki Koramil 1506-02/Leksula  Melaksanakan Karya Bakti Membantu Renovasi Rumah Warga

Contact Us