Home / tulungagung

Senin, 5 September 2022 - 21:01 WIB

Diduga Ada Pungutan Berkedok Sumbangan, Pelajar SMKN 1 Boyolangu Tulungagung Demo

SuaraRepublikNews, Tulungagung – Bantuan dalam bidang pendidikan yang diberikan oleh pemerintah pada program pendidikan gratis begitu besar misal Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Program Indonesia Pintar (PIP) dan masih banyak lagi dari pemerintah pusat belum lagi khusus di propinsi Jawa Timur ada BOOPP khusus SMA/SMK sederajat sebagai bentuk program dari Gubernur. Banyaknya bantuan tersebut ternyata masih dirasa kurang oleh beberapa lembaga sekolah sehingga banyak lembaga yang masih melakukan penarikan pungutan kepada wali murid dengan dalih sumbangan untuk peningkatan mutu pendidikan siswa.

Salah satu bukti adanya hal tersebut ditunjukkan para siswa di SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung dalam bentuk aksi protes di halaman sekolah (5/9/2022) setelah adanya pertemuan wali murid dengan pihak komite sekolah dan pengurus lembaga sekolah beberapa hari yang lalu.

Aksi tersebut berjalan lancar tanpa adanya situasi yang berlebihan dari para siswa meskipun beberapa poster tetap mewarnai dan yel-yel sebagai bentuk menyuarakan aspirasi dilakukan oleh beberapa perwakilan siswa.

Keterangan beberapa siswa menyebutkan jumlah sumbangan tersebut berbeda-beda tergantung kelas masing-masing siswa.

“untuk kelas 10 sebesar dua juta tujuh ratus ribu,kelas 11 sebesar satu juta dua ratus lima puluh ribu dan kelas 12 sebesar satu juta enam ratus ribu sedangkan penggunaan dari dana tersebut untuk membangun tempat parkir 2 lantai dan harus dibayarkan sekarang juga” jelas beberapa siswa.

Sorak kegembiraan diperlihatkan para siswa ketika salah satu perwakilan yang membahas perihal tersebut dengan pihak lembaga dan komite sekolah mengumumkan dihadapan mereka.

“Menghapus sumbangan tersebut serta akan mengembalikan kepada pihak yang sudah terlanjur membayar termasuk pada tahun sebelumnya dengan terlebih dahulu memperinci jumlahnya” ujar salah satu perwakilan dengan pengeras suara.

Baca Juga  Anggota Polsek Tanggunggunung Bantu Pembangunan Mushola AL-IKHLAS

Keputusan tersebut ternyata tak cukup bagi para siswa dan meminta Kepala Sekolah yang memberikan pernyataan secara langsung dihadapan siswa.

Akhirnya demi terciptanya suasana yang kondusif pihak Kepala Sekolah berkenan memberikan penjelasan dihadapan siswa.

Aksi tersebut akan kembali dilakukan apabila keputusan tidak dilakukan oleh pihak lembaga sekolah.

Bagaimanakah penggunaan anggaran lembaga sekolah selama ini?

Perlu sekiranya tindakan tegas dari para pemangku kebijakan agar pelaksanaan dalam setiap peraturan khususnya dalam bidang pendidikan benar-benar bisa dilaksanakan tanpa unsur kepentingan pribadi. (lg/tla)

Share :

Baca Juga

tulungagung

Penyerahan Bantuan Kapolres Tulungagung  untuk Renovasi Masjid Darussalam Dusun Jinggring

tulungagung

Pemdes Tenggarejo Salurkan BLT DD tahun Anggaran 2024

tulungagung

Kasus Tak Kunjung Selesai, LSM Badak Surati KKRI

tulungagung

Lintas Masyarakat Laksanakan Pengecoran Jalan Poros Jengglungharjo, Butuh Perhatian Pemerintah

tulungagung

Peletakan Batu Pertama Mushola Al-Ikhlas dusun Tanggunggunung,Harapkan Donasi Percepat Pembangunan

tulungagung

Sosialisasi OSN Oleh Dispendikpora Kabupaten Tulungagung,SMPN dan MTSN

tulungagung

“Pernyataan Sikap MOSI Tidak Percaya Kepada ‘KPK RI’ Terkait Merebaknya Kasus Korupsi Tak Kunjung Selesai Di Kabupaten Tulungagung

tulungagung

Tagih Janji Kades tak ada Harapan,Niat Bangun Jalan dengan Uang Pribadi Tetap di Halangi

Contact Us