Home / Tangerang Raya

Jumat, 1 Maret 2024 - 22:07 WIB

Allin: KUNCI MENUJU MASYARAKAT TANGERANG SELATAN YANG SEHAT DAN MANDIRI

Suara Republik, Tangsel- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan (DinKes) menargetkan untuk kedepannya menjadi Kota sehat tingkat Nasional.

Untuk itu, Pemkot Tangsel akan berupaya untuk tahun 2024 ini, Pemkot Tangsel bisa lolos di tingkat Provinsi  verifikasi Kota Sehat.

Sanitasi masih menjadi permasalahan yang menjadi tantangan hingga beberapa masa kedepan baik dalam skala global, nasional hingga lakal. Selain berdampak

langsung dan tidak langsung kepada kesehatan, sanitasi juga berdampak terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan suatu wilayah.

(CTBM) hadir sebagai solusi untuk memecahkan masalah sanitasi, berdasarkan

Permenkes No. 3 Tahun 2014 dengan metode pemicuan sebagai strategi utamanya. Lima pilar STBM tersebut adalah:

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan,
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun
  3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga
  4. Pengamarian Sampah Rumah Tangga
  5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga

Strategi penyelenggaraan CTBM d Kota Tangerang Selatan telah mencakup tiga komponen yang sinergis satu dengan yang lain yaitu penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation) dan peningkatan Penyediaan akses sanitasi (supply improvement).

Wakil Walikota Tangerang Selatan H. Pilar Saga Ichsan, S.T mengatakan,” Pemerintah Daerah telah menjalankan Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (CTBM) melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang selatan yang telah bersinergi dengan lintas sektor dan masyarakat untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri serta hasil dari implementasi Lima Pilar STBM, ” kata Pilar. srlaku Wakil Walikota Tangsel.

Diharapkan setiap masyarakat Kota Tangerang Selatan memiliki kesempatan yang sama dalam menikmati akses layanan air minum dan sanitasi dengan mempertimbangkan aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Baca Juga  Rifqi Hafidz Arifin Resmi Pimpin LPM Kelurahan Gondrong Untuk Periode 2024-2029 Suara republik news. Com

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar turut nerespons positif atas kegiatan STBM.

“Kegiatan STBM ini untuk meningkatkan kualitas di masyarakat. Dan saya rasa masyarakat Tangsel sudah cukup tereduksi. Dan intinya kunci untuk menuju masyarakat Tangetang Selatan yang sehat dan mandiri, “ujar Allin, jum’at (1/3/24)

Menurutnya, STBM sudah tingkat pertama, dan mudah- mudahan sampai ke tingkat paripurna dari Kementrian Kesehatan. Dan ada sebanyak 5 pilar STBM yang disosialisasikan, di mulai dari sanitasi hingga cuci tangan dengan sabun.

 

(Bia)

Share :

Baca Juga

Tangerang Raya

Welcome and Farewell Sambut Kapolres Tangsel Baru Berlangsung Khidmat

Tangerang Raya

Saluran Air  Tersumbat Jalan Bersebelahan dengan Kec.Sindang Jaya Layakanya Dijadikan Balong  dan, Tempat Pembibitan Ikan.

Tangerang Raya

PDI Perjuangan Provinsi Banten Tanam 5000 Pohon di Bantaran Sungai Cisadane

Tangerang Raya

Pengamat Sepakbola Nasional Gabung Partai Solidaritas Indonesia

Tangerang Raya

H Turidi Susanto Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Menggelar Buka Bersama Dan Konsolidasi Tim Pemenangan Partai Gerindra

Tangerang Raya

Hari Tuberkulosis Sedunia 2023 (TB Day), PKRS RSUD Kota Tangerang Gelar Focus Group Discussion Dan Skrining

Tangerang Raya

Muscab II DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kota Tangerang, Dian Oktaviani Sebagai Ketua Terpilih Secara Aklamasi

Tangerang Raya

DPRD Kota Tangerang Disambangi Kapolres Metro Tangerang, Siap Bersinergitas Kuatkan Kamtibmas

Contact Us