Home / Buru

Senin, 28 Februari 2022 - 20:04 WIB

BERSAMA KOMPI 731 KABARESI DAN KODIM 1506 NAMLEA, LAPAS NAMLEA GELAR VAKSINASI KEPADA WBP

Namlea, SuaraRepublikNes.com – Hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam bidang kesehatan terus menjadi perhatian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea. Hal ini diwujudkan dengan pemberian vaksinasi Corona Virus Disease (COVID-19) pada, Jumat (25/2). Bersama Tim Vaksinator dari Kompi 731 dan Kodim 1506 Namlea, vaksinasi dilaksanakan kepada 22 orang WBP.

Bertempat di Aula Lapas Namlea, Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban, Supardy Djaya, Petugas Kesehatan Lapas Namlea, Fransky Uneputty, beserta Tim Vaksinator memberikan penyuluhan dan pengarahan kepada WBP sebelum dimulainya kegiatan vaksinasi.

Letda M, Faezal Ardi selaku tim vaksinator dari Kompi 731 Kabaresi menjelaskan kepada WBP seputar tentang vaksinasi. Ia menjelaskan beberapa jenis vaksin yang berbeda kepada WBP serta penjelasan efek samping dari jenis vaksin tersebut.

“Terdapat beberapa jenis vaksin diantaranya Sinovac, Astrazeneca, dan Pfizer, yang dipakai untuk dilakukan vaksinasi dan dari tiga jenis itu memiliki efek yang berbeda-beda. Untuk vaksin Astrazeneca secara umum memiliki efek samping seperti pusing, mual, nyeri di tempat suntikan, kelelahan, dan demam. Sementara untuk vaksin jenis Sinovac dan Pfizer secara umum memiliki efek samping yang hampir sama dengan Astrazeneca tetapi juga bisa disertai dengan menggigil, dan sakit kepala,” jelas Letda Faezal kepada WBP.

Sementara itu Fransky Uneputty, selaku petugas kesehatan mengatakan bahwa 22 orang WBP yang melaksanakan vaksinasi terdiri dari tahap satu dan tahap dua. “Hari ini yang mengikuti program vaksinasi tahap pertama sebanyak 10 orang, sedangkan untuk tahap dua diikuti oleh 12 orang WBP. Yang tidak mengikuti vaksinasi sebanyak 4 orang karena sesuai sesuai screening petugas WBP yang bersangkutan mengalami sakit bawaan dan ada juga yang bermasalah dengan jantung,” ujar Fransky.

Baca Juga  Sambut Pemilu Ketua MUI Maluku Ajak Warga dengan Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa vaksin yang diberikan pada tahap satu dan tahap dua memiliki jenis yang berbeda. “Untuk WBP yang mengikuti vaksinasi tahap satu menggunakan vaksin dengan jenis Pfizer, sementara untuk tahap dua menggunakan jenis vaksin Sinovac,” ujarnya lagi.

Di tempat yang berbeda, Kalapas Namlea, Ilham berterima kasih kepada Kompi 731 Kabaresi dan Kodim 1506 Namlea yang telah melaksanakan vaksinasi kepada WBP Lapas Namlea. “Terima kasih telah membantu kami memenuhi hak-hak kesehatan WBP dengan program vaksinasi ini. Mudah-mudahan kerjasama dan sinergi ini dapat terus dipererat dan terjalin dengan baik,” ucap Ilham.

Share :

Baca Juga

Buru

Kunjungan Kerja Kapolres Pulau Buru ke Polsek Namlea Bersama Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Pulau Buru

Buru

Ketua AMKEI Ajak Masyarakat Kei Bantu Jaga Kamtibmas di Maluku

Buru

Logistik Pemilu Tahap I  Tiba di Pelabuhan Namlea Dikawal Langsung oleh Kapolres Pulau Buru

Buru

Wakil Gubernur hadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam Rangka Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon

Buru

Kepolisian Daerah Maluku Adakan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data BMN dan Laporan Keuangan

Buru

Casis SIPSS Panda Polda Maluku  sebanyak 7 Orang Jalani Tes Kesemaptaan Jasmani

Buru

PPK Kecamatan Malingping Bacakan Hasil Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024.

Buru

Polda Maluku Berbagi Bingkisan Idul Fitri Kepada Tahanan

Contact Us