Home / Uncategorized

Jumat, 6 Januari 2023 - 15:13 WIB

Dirjen Imigrasi Lakukan Sidak Pertama Tinjau Layanan Keimigrasian

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim  sidak  pertama  meninjau layanan keimigrasian, fasilitas auto-gate dan jalur khusus Electronic Visa on Arrival (e-VOA) serta ITAS Online di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (5/1/2023).

Tangerang, Suararepubliknews.com – Usai dilantik Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim, melakukan sidak (inspeksi mendadak) pertama dengan meninjau layanan keimigrasian, fasilitas auto-gate dan jalur khusus Electronic Visa on Arrival (e-VOA) serta ITAS Online di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (6/1/2023) kemarin.

“Dirinya meminta agar dibuatkan petunjuk yang lebih ramah pengguna sehingga WNA subjek e- VOA dapat terinformasikan dengan baik. Yang terjadi selama ini, banyak WNA subjek e-VOA masih mengantre pembayaran di konter bank (alih-alih mengajukan secara online),” ujar Silmy dalam keterangan pers, Jumat (6/01/23). Perkembangan Imigrasi dari segi kesisteman cukup menggembirakan, Ia mengimbau agar

jajarannya senantiasa memperkuat pelayanan. Tak hanya pada musim puncak lalu lintas seperti masa arus balik liburan Natal dan Tahun Baru saat ini, layanan keimigrasian harus dipastikan selalu prima walau sedang low season. “Auto-gate jangan sampai ada kendala, meskipun saat sedang tidak ada penumpang,” tegasnya. Sejalan dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Imigrasi tengah

mengupayakan pengembangan pelayanan pada bandara yang dibuka untuk penerbangan langsung internasional. Sebagai wajah dari Negara Indonesia, Imigrasi harus terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada WNI dan WNA.

“Salah satu yang harus diupayakan adalah transformasi kapabilitas Direktorat Jenderal Imigrasi melalui peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi,” ungkapnya.

Silmy mengatakan,  pengembangan sistem dan alur pelayanan dan pengawasan keimigrasian yang didukung integrasi data dan arsitektur teknologi yang mumpuni merupakan hal yang krusial. Dengan demikian, Imigrasi dapat benar-benar memfasilitasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui investasi dan talenta global. Ini merupakan salah satu fungsi keimigrasian yang menjadi atensi khusus Direktorat Jenderal Imigrasi. Dalam aspek pengawasan, pencegahan dan penangkalan (Cekal), Imigrasi berkomitmen

Baca Juga  KPK Kurangnyali Respon Oknum PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Bidang Bina Marga Kementrian PUPR Kota Tangerang

meningkatkan kewaspadaan dan mengoptimalkan komunikasi, baik secara internal maupun antar lembaga. Layanan keimigrasian yang mudah harus tetap diimbangi dengan kriteria untuk menjaga kedaulatan, ketertiban, keamanan negara dan kepentingan nasional.

Sebagai salah satu pintu masuk utama Indonesia dengan volume lalu lintas yang sangat tinggi, TPI Bandara Soekarno-Hatta menjadi target utama untuk dijadikan proyek percontohan apabila ke depannya terdapat pengembangan layanan keimigrasian, khususnya paspor dan visa.

Saat ini, Warga Negara Asing (WNA) dari 86 negara dapat masuk melalui TPI Bandara Soekarno-Hatta dengan lebih cepat menggunakan e-VOA. Warga Negara Asing cukup menunjukkan QR Code pada e-VOA di konter imigrasi, sedangkan pembayaran dilakukan sebelum memasuki Indonesia dengan kartu kredit atau debit berlogo Visa atau Mastercard.

Terakhir, meskipun fokus pada fungsi Imigrasi sebagai fasilitator pembangunan ekonomi nasional, Silmy berharap imigrasi tidak menanggalkan fungsinya dalam pengamanan negara.

“Kita harus mencari cara yg terbaik agar semua bisa sesuai dengan harapan, wajah Indonesia menjadi lebih cantik karena layanan kita, dan tetap aman dengan gakkum (penegakan hukum keimigrasian) yang menjadi tupoksi kita,” pungkasnya. ( DM )

tag: Imigran, Headline, Dirjen, bandara sukarno hatta

Share :

Baca Juga

Tangerang Raya

Stafsus Menkumham Bidang Pengamanan Dan Intelijen Laksanakan Penguatan Reformasi Birokrasi Di Lapas Pemuda Tangerang

Uncategorized

Pantau Kewilayahan ,Polres Cirebon Kota Tingkatkan Patroli KRYD Pasca Pemilu

Uncategorized

Agus Raflen Resmi Jabat Direktur PT Muba Electric Power

Uncategorized

Sugito

Uncategorized

Ahli Waris H.Katang Bin Djafar Merebut Kembali Dugaan Penyerobotan Tanah yang di Klaim oleh PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI) Najib (Warga Sipil)

Uncategorized

Kapolresta Cirebon Pimpin Upacara Korps Rapot Kenaikan Pangkat Periode Januari 2024

Uncategorized

HUT TNI, Kodim 0401 Muba Tampilkan Drama Kolosal

Uncategorized

Ditemukan Produk Mie Instan PT. Indofood CBP Merek “ POP MIE “ ,  Sebelum Masa Expired  Sudah Tidak Layak Dikonsumsi, Dimana BPOM ?

Contact Us