Home / Kesehatan

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:50 WIB

Gangguan Tidur pada Anak Akibat Paparan Cahaya Redup Sebelum Tidur

AS, suararepubliknews.com – Sebuah penelitian terbaru dari University of Colorado Boulder telah menemukan bahwa paparan cahaya redup sebelum tidur dapat mengganggu tidur anak-anak prasekolah. Temuan ini menambah bukti bahwa cahaya, meskipun dalam intensitas rendah, dapat berdampak signifikan pada kualitas tidur anak-anak.

Pengaruh Cahaya terhadap Produksi Melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh yang berperan penting dalam mengatur siklus tidur dan bangun. Biasanya, produksi melatonin meningkat di malam hari, membantu tubuh bersiap untuk tidur. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa paparan cahaya, bahkan dalam intensitas rendah, sebelum tidur dapat mengurangi produksi melatonin.

Para peneliti menemukan bahwa penurunan melatonin ini berdampak langsung pada kemampuan anak-anak untuk tertidur dan tetap tidur sepanjang malam. Penurunan produksi melatonin menyebabkan gangguan pada ritme sirkadian, jam biologis yang mengatur tidur, sehingga mengakibatkan kualitas tidur yang buruk.

Metodologi Penelitian

Penelitian ini melibatkan sekelompok anak prasekolah yang diberi paparan cahaya redup sebelum tidur. Para peneliti kemudian mengukur kadar melatonin dalam tubuh anak-anak ini dan memantau pola tidur mereka. Hasilnya menunjukkan penurunan signifikan dalam produksi melatonin dan gangguan pada tidur anak-anak yang terpapar cahaya redup dibandingkan dengan mereka yang tidak terpapar cahaya sebelum tidur.

Implikasi bagi Orang Tua

Penemuan ini memiliki implikasi penting bagi orang tua yang ingin memastikan anak-anak mereka mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Orang tua disarankan untuk meminimalkan paparan cahaya sebelum tidur, termasuk penggunaan lampu malam yang terlalu terang atau perangkat elektronik yang memancarkan cahaya biru. Menggunakan lampu dengan intensitas sangat rendah dan menghindari penggunaan layar setidaknya satu jam sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anak-anak.

Baca Juga  Ini Tips dan Trik Menghadapi Sakit Saat Liburan Jauh

Penelitian dari University of Colorado Boulder ini menegaskan pentingnya lingkungan tidur yang gelap untuk mendukung produksi melatonin dan memastikan tidur yang nyenyak bagi anak-anak prasekolah. Dengan meminimalkan paparan cahaya sebelum tidur, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mendapatkan tidur yang lebih baik dan mendukung perkembangan kesehatan secara menyeluruh. (Stg)

Sumber: ScienceDaily

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Bakteri Pemakan Daging: Ancaman Serius di Balik Infeksi Langka

Kesehatan

Hilangnya ‘Sunday Scaries’: Masyarakat Kini Menikmati Kesibukan di Hari Minggu

Kesehatan

Tips Kesehatan Saat Bepergian: Persiapan dan Penanganan Sakit di Perjalanan

Kesehatan

Usia Tua: Kapan Sebenarnya Dimulai?

Kesehatan

Mengungkap Bahaya Begadang: Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Deklarasi Pembentukan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia ( PDSI )

Kesehatan

Usai Didiagnosis Penyakit MS, Ia Mulai Berlari Maraton yang Membalikkan Kondisi Penyakitnya

Kesehatan

Menjaga Pola Makan Sehat Selama Liburan: Tips untuk Menghindari Makan Berlebihan

Contact Us