Home / Ragam

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:04 WIB

MERDEKA DARI PENYAKIT KRONIS

Sebagian peserta temu virtual Warga Lanjut Usia se IndonesiaSabtu 27 Agustus 2022.

Jakarta, Agustus,Suara Republik News (SRN ) Menurut survei Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI), sebanyak 24,6% penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia memiliki riwayat penyakit kronis. Dari kelompok lansia dengan riwayat tersebut,dilansir katadata.co.id, datapublish mayoritasnya atau 37,8% memiliki penyakit hipertensi. Kemudian 22,9% memiliki penyakit diabetes, 11,9% penyakit rematik, dan 11,4% penyakit jantung. Riwayat penyakit lainnya yang dimiliki lansia adalah asma 10,4%, asam lambung 8%, asam urat 5,5%, penyakit paru kronis 3%, kolesterol 3%, dan penyakit ginjal 2%. Survei ini juga mengungkap jumlah obat yang dikonsumsi lansia. Semua responden lansia rata-rata meminum 1,4 butir obat per hari. Lansia yang sehat meminum 1 butir obat per hari, dan lansia yang punya penyakit kronis meminum 2,7 obat per hari.

Badan Pusat Statistik(BPS) mencatat peningkatan angka harapan hidup (AHH) di Indonesia mengalami tren peningkatan pada tahun 2021, dengan rata-rata umur penduduk mencapai 73,5 tahun. Dilansir dari bps.go.id, angka tersebut naik 0,1 poin dari tahun sebelumnya yang selama 73,4 tahun. Sementara jika dibandingkan dengan lima tahun lalu, kenaikan AHH penduduk Indonesia sebesar 0,6 poin dari 72,9 tahun pada 2017.

Dikutip dari bps.go.id, angka tersebut naik 0,1 poin dari tahun sebelumnya yang selama 73,4 tahun. Sementara jika dibandingkan dengan lima tahun lalu, kenaikan AHH penduduk Indonesia sebesar 0,6 poin dari 72,9 tahun pada 2017.

Berbicara tentang penyakit kronis, dr. Nur Ainun,Sp.PD dokter spesialis penyakit dalam di RSIA Bina Medika Bintaro menjelaskan dalam acara temu virtual Warga Usia Lanjut (Wulan) se Indonesia dalam rangka HUT RI yag ke 77 bahwa Penyakit kronis itu adalah (1)penyakit yang berlangsung dalam kurun waktu dalam 2tahun atau lebih,(2)Memerlukan control dan evaluasi dan (3) Membatasi aktivitas sehari-hari. Menurut dr.Nur Ainin perlu control berkala : sebagai contoh dibawah ini,

Baca Juga  Aksi Edukatif Laudato Si', Berbagi Praktik Baik di Jenjang KB/ TK” Selasa 26 April 20022

Disisi lain Paguyuban Dhama Wulan (DPW) Jakarta Timur Jim Mintarja berceritera bahwa rahasia kekuatan pikiran menurut seorang penelti Jepang , menjelaskan bahwa air adalah cermin

yang memiliki kemampuan menunjukkan kepada manusia, hal-hal yang tidak bisa kita lihat.Memberi gambaran lengkap atas diri kita yang bisa berubah cukup dengan “berpikir positif”. Untuk semua ini diperlukan keterbukaan dari anda untuk meyakininya ( Masaru Enoto)

Paguyuban Dharma Wulan PDW Warga Usia lanjut selalu guyub (akrab) terlihat dari kegiatan mereka saling berkunjung ke Panti Lansia dan melakukan senam Yoga . seperrti gambar dibawah ini.( Ring-o)

Share :

Baca Juga

Ragam

LSP Pers Indonesia Buka Pendaftaran SKW dan UKW

Ragam

Komunitas Eco Engyme( EE ) Membangun Pertanian NTT

Ragam

SIARAN PERS Perhimpunan Profesi Hukum Kristiani (PPHKI) & Jaringan Peduli Anak Bangsa (JPAB)

Ragam

MEMPELAJARI HAL-HAL BARU TIDAK HARUS FORMAL

Ragam

Sabam Sirait Mengajarkan Berpolitik dengan Suara Hati

Ragam

DR.HARRY DARSONO, Ph.D SEORANG PERANCANG BUSANA,DESIGNER, MUSISI  PSIKOLOG DAN PENDIDIK YANG MENDUNIA

Ragam

KEBAKTIAN AWAL TAHUN 2022 KETURUNAN GURU BANDAILING SIRINGORINGO HTOGUAN SAMOSIR SEJABODETABEK 30 JANUARI 20A22 DI BUPERTA CIBUBUR.

Ragam

UNIVERSITAS KATOLIK MUSI CHARITAS (UKMC)MENGADAKAN SEMINAR PENDIDIKAN  BEKERJASAMA DENGAN IKATAN SARJANA KATOLIK (ISKA)TERKAIT DIES NATALIS KE 7.

Contact Us