Home / Buru

Kamis, 4 April 2024 - 10:03 WIB

Operasi Ketupat Salawaku 2024, Kapolda: Kita wajib Layani Masyarakat Yang Mudik Dengan Baik.

Daerah Maluku resmi melaksanakan operasi Ketupat Salawaku Tahun 2024. Operasi kepolisian terpusat ini bertujuan untuk mengamankan arus mudik hingga arus bali pada perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah

AMBON.SuaraRepublikNews.Com, -POLDA MALUKU Kepolisian Daerah Maluku resmi melaksanakan operasi Ketupat Salawaku Tahun 2024. Operasi kepolisian terpusat ini bertujuan untuk mengamankan arus mudik hingga arus bali pada perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, berharap kepada masyarakat agar dapat mengatur waktu bepergian dengan baik agar tidak terjadi kepadatan lalulintas maupun antrean di pintu-pintu masuk pelabuhan.

“Tahun ini kita harapkan arus mudik dan arus balik berjalan lancar dan masyarakat juga aman,nyaman dan ceria, itu tagline kita,” kata Kapolda.Menurutnya, TNI, Polri, Pemerintah Daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota beserta seluruh instansi terkait telah menyiapkan sarana prasarana, personil dan peralatan.

“Khusus di Maluku kita karakteristiknya memang perairan, sehingga kita konsen pada pelabuhan-pelabuhan dan kita menyampaikan terima kasih kepada Pemprov karena telah membackup penambahan beberapa kapal pada saat arus mudik,” ungkap Kapolda yang didampingi Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial. Orang nomor 1 Polda Maluku ini menghimbau masyarakat agar dapat berhati-hati, serta menyiapkan berbagai barang bawaan sebelum melakukan perjalanan mudik serta menintipkan rumah ke tetangga sekitar bila ditinggal cukup lama.

“Kita berharap masyarakat juga bisa mengatur waktunya dengan baik sehingga tidak terjadi kepadatan , dan tetap berhati hati dan waspada bial menggunakan sarana prasarana yang telah disiapkan,” katanya. Polda Maluku beserta Polres jajaran, lanjut Kapolda, telah menyiapkan sejumlah posko, ada posko pengamanan, pelayanan dan posko pengaduan terpadu yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan masyarakat pada saat arus mudik, saat liburan di tempat2 wisata dan keramaian serta pada saat arus balik nantinya.

Baca Juga  52 Orang Catar Akpol Panda Polda Maluku Ikut Tes Kesamaptaan Jasmani

“Bila masyarakat ada kendala kesulitan jangan segan-segan untuk datang ke pos itu, kita siaga selama operasi 1 x 24 jam dan didalamnya itu terlibat semua unsur baik dari TNI, Polri, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan instansi terkait, bila ada kesulitan apapun bisa ke sana dan kita memberikan bantuan,” ungkapnya. Kapolda juga memerintahkan para Kapolres untuk meningkatkan patroli2 ke daerah rawan dan tindak tegas para pelaku kejahatan yang mengganggu selama waktu lebaran berlangsung.

“Kita wajibbkayani dan lindungi masyarakat, kalo ada pelaku kejahatan yang coba2 mengganggu masyarakat yang berlebaran, sikat dan tindak tegas, “tegasnya. Di tempat yang sama Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan Pemerintah Provinsi siap mendukung berbagai upaya pengamanan yang dilaksanakan Polda Maluku.

“Hanya satu kata, apa yang dilakukan oleh Polda kita dukung sepenuhnya,” kata mantan Kakor Brimob Polri ini singkat. Senada dengan Gubernur, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, mengaku pihaknya bersama Polri akan menjamin, dan menjaga keamanan masyarakat.

“Kita bersama Polri menjamin, menjaga kelancaran pelaksanaan arus mudik ini bersama stakeholder yang lain,” ungkapnya.(Dhet)

 

Editor : Enjelina

Share :

Baca Juga

Buru

 Merasa Dicurangi  Panitia Pelaksana Dua Kandidat Ajukan Nota Keberatan

Buru

52 Orang Catar Akpol Panda Polda Maluku Ikut Tes Kesamaptaan Jasmani

Buru

Alfamidi Kab. Buru Tarik Semua Produk Kinderjoy Anjuran BPOM

Buru

Hadiri Pertemuan Bersama Warga Arbes, Ini Harapan Kapolresta

Buru

Warga Tihulale Dihajar Hingga Babak Belur, Giliran Warga Hualoy Dipukul Warga Tihulale

Buru

Kapolda Inginkan Bidhumas Dapat Mengangkat Kearifan Lokal Maluku

Buru

Pengusaha Kopra Di Ambon Ditangkap Karena Memiliki Barang Haram Jenis Narkoba

Buru

Merasa Terpanggil Ikram Umasugi Siap Mundur Dari Anggota DPR Terpilih Provinsi Maluku Untuk Mendaptarkan Dirinya Sebagai Calon Bupati Buru Periode 2024-2029

Contact Us