Home / Tangerang Raya

Kamis, 1 Juni 2023 - 05:56 WIB

Pembongkaran Trotoar Diduga Tanpa Izin  PUPR,  Dilakukan  PT Pestindo  Tangerang Perbuatan Pidana

Lobang menganga pekerjaan PT PESTINDO tanpa polis line  di Jalan KH.Hasyim Ashari  Kota Tangerang   31 /5/2023.

Tangerang, Suararepubliknews – Proyek penggalian tanah Pipa air (PDAM) dengan pembongkaran trotoar  mengganggu jalan dan membuat kemacetan terlebih buat pejalan kaki. diduga pembongkaran trotar tidak ada izin dari PUPR yang dilakukan PT PESTINDO

 seharusnya  PUPR ikut serta membantu minimal buat pembatas polis line, 31 /5/2023.

 bukan malah pembiaran disamping hadirnya DLLJR membuat kelancaran dari kemacetan lalu lintas .

Pemerhati masalah transportasi dan hukum. mengingatkan, kepada semua warga masyarakat yang dengan sengaja membongkar trotoar jalan bisa dipidana. Pasalnya, keberadaan trotoar diatur dalam Undang-Undang (UU).

Trotoar merupakan fasilitas perlengkapan jalan yang diperuntukkan untuk memberikan rasa aman, dan nyaman bagi para Pejalan kaki. Trotoar sebagai jalur pejalan kaki pada umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki.

Menurut Undang – Undang lalu lintas dan angkutan jalan nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan), bahwa Trotoar sebagai perlengkapan jalan berada pada wilayah tanggung jawab penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan di bidang jalan ( pasal 7 ayat 2 huruf a ), “jelasnya.

Pembangunan jalan dan perlengkapannya termasuk trotoar, dipastikan sudah melalui suatu kajian dan design yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman sehingga pembangunan trotoar tidak boleh dilaksanakan oleh seseorang atau badan hukum yang tidak memiliki dan kewenangan dan tanggung jawab dibidangnya, apalagi hanya mengikuti selera semata dengan tujuan – tujuan tertentu,”

Kejadian pembongkaran di Jalan KH.Hasyim Ashari  Kota Tangerang  dilaksanakan secara sepihak oleh PT Pestindo tidak koordinasi dan meminta izin kepada Instansi yang berwenang tidak dibenarkan dalam peraturan Perundang – undangan atau dengan istilah lain merupakan perbuatan melawan hukum,”tegasnya.

Baca Juga  Bupati Humbahas Ikuti Rakor Inspektur Daerah Se-Indonesia

Dikatakan Guntur selaku ketua DPD LSM Garuda nasional, untuk mencegah hal tersebut tidak terulang kembali, menurut hemat saya perlu dilakukan proses penegakan hukum secara tuntas dan benar. Aturan Pidana yang mengatur tentang pengerusakan fasiltas umum dan mengakibatkan terganggunya fungsi jalan, saya kira sudah diatur baik dalam kitab Undang – Undang Hukum Pidana maupun dalam Undang – Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dalam undang – undang nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan) yang mengatur tentang trotoar jalan, antara lain :

Pasal 25 ayat ( 1 ) huruf g : setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan berupa : fasilitas untuk Sepeda, pejalan kaki, dan penyandang cacat.

Pasal 28 ayat ( 2 ) setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan.

Pasal 45 ayat ( 1 ) huruf a :

Fasilitas pendukung penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan meliputi :

Trotoar.

Ketentuan Pidana dalam undang – undang lalu lintas dan angkutan jalan, diatur dalam pasal 274 ayat ( 2 ), dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 ( satu ) tahun atau denda paling banyak Rp 24.000.000 (dua puluh empat juta rupiah), “

Rosita

Share :

Baca Juga

Tangerang Raya

Dirugikan Rp4,3 Miliar, Jodi Susanto Dilaporkan ke Polisi

Tangerang Raya

Bentuk Penataan Pegawai Non ASN 879 Orang Diangkat Menjadi PPPK Kemenkumham

Tangerang Raya

Gerak Cepat PP Kota Tangerang Atas Kelangkaan Minyak Goreng Kepada Warga

Tangerang Raya

GALIAN PIPA AIR BERSIH PDAM TIRTA BENTENG sangat Mengganggu Pengguna Jalan  ke RSUD Kota Tangerang untuk Berobat

Tangerang Raya

Pisah Sambut Kapolres Metro Tangerang Kota Dihadiri Walikota Tangerang Dan Jajaran Forkopimda

Tangerang Raya

SPBU 3415603 Diduga Lakukan Penyelewengan Pengisian Solar Bersubsidi

Tangerang Raya

Kapolresta Bandara Sukarno Hatta, Pimpin Langsung Operasi ke 2 Temukan 19 Pelanggaran dan Memberikan Teguran Simpatik

Tangerang Raya

Ahmad Basarah Menjadi Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia

Contact Us