Home / Tapanuli Raya

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:34 WIB

Pesta Patung A. Tuan Binur Munte Dilaksanakan 28-30 Juni 2023 di Matiti, Humbahas

   

Patung A. Tuan Binur Munte di Matiti, Humbahas,Senin (12/6/2023).

Medan, Suararepubliknews – Setelah ditunggu sekian tahun, patung A Tuan Binur Munte yang didirikan di Matiti, akhirnya akan dipestakan 28-30 Juni 2023 mendatang di Lumban Munte, Matiti, Kecamatan Doloksanggul, Humbang Hasundutan (Hubahas).

Kepastian itu disampaikan Ketua Umum Panitia Drs Duga Munte bersama Ketua Bidang Dana Poltak Munte SH, Ketua Bidang Adat Sahata Munte, Ketua Bidang Sarana/Prasarana Dokrin Munte, Sekretaris Panitia Anggiat Munte dan Bendahara Panitia Luther P Munte, Senin (12/6/2023).

Dijelaskan mereka, kepastian pelaksanaan pesta itu diperoleh setelah seluruh keturunan A Tuan Binur satu hati dan sepakat menyetujui pengumpulan dana toktok ripe dan donasi untuk biaya pesta, serta melaksanakan tahapan-tahapan adat sebelum pesta puncak 28-30 Juni 2023 .

Tahapan yang sudah dilaksanakan itu adalah Tonggo Dongan Tubu/Boru, Tonggo Hula-hula sekaligus Pasahat Piso tu Hula-hula sijalo Tulan Tombuk dan Tulan Bona, Tonggo Raja serta papungu Boru.

Kemudian patung telah selesai dipugar dan dicat kembali bahkan dibangun tembok dan pagar keliling di lokasi patung.

Drs. Duga Munte Ketua Umum Pesta Patung A.Tuan Binur Munte Matiti,, Senin (12/6/2023).

Karena itu, melalui pemberitaan ini, kata Duga, panitia sangat berharap semua keturunan A Tuan Binur Munte dan istrinya Boru Manullang menghadiri pesta yang sudah sejak lama diidam-idamkan tersebut.

Sebab, selain menjadi satu kesempatan terbaik untuk bersilaturahmi merajut rasa persaudaraan di antara sesama keturunan A Tuan Binur Munte, pesta patung itu juga sebagai perwujudan tanggung jawab pelaksanaan adat kepada seluruh hula-hula A Tuan Binur Munte dan Raja Bius Matiti, serta moment sangat berharga bagi seluruh pinoppar A Tuan Binur Munte untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

Baca Juga  Pemkab Humbahas Menggelar Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional Tahun 2023

“Perlu diketahui, tiga hari pelaksanaan pesta terdiri dari, hari pertama Horja Bolon membunyikan Gondang Sabangunan yang diisi dengan manortor satu hari penuh dimulai dari mambuat tua ni gondang oleh hasuhuton, tortor dongan tubu, tortor manjalo boru, tortor manjalo haroro ni hula-hula,  raja bius Matiti dan boru bius serta tortor lain yang terkait dengan pesta itu . Pada hari pertama inilah hasuhuton Munte memberi dan menerima adat yang berlaku untuk boru,  hula-hula , raja bius dan lainnya”, kata Duga Munte gelar A Vevy.

Hari kedua, lanjutnya, acara diisi dengan pelaksanaan adat panggalangon kepada yang berhak sesuai adat yang berlaku setelah makan bersama dengan sosar satu ekor kerbau.

Sementara pesta di hari ketiga, murni untuk hasuhuton pinoppar ni A Tuan Binur Munte (anak, boru, bere dan ibebere) yaitu mangallang sipitu dai.

“Di hari ketiga inilah kesempatan bagi internal pomparan ni A Tuan Binur Munte untuk berkumpul bersama, memuji dan menyembah Tuhan sekaligus mohon pengampunan atas salah dan dosa, kiranya setelah pelaksanaan pesta tersebut semua pomparan A Tuan Binur Munte di Bonapasogit dan di perantauan diberi persatuan dan kesatuan serta berkat melimpah yaitu hamoraon, hagabeon dan hasangapon”, kata mereka.

A Tuan Binur Munte dan istri br Manullang punya 3 anak yaitu Op Sigaleam, Op Batugojok dan Op Pasal serta satu boru yang kawin ke marga Pane.

Seluruh pomparan A Tuan Binur Munte dari anak dan boru sudah mencapai lebih kurang seribuan orang tersebar di berbagai daerah di Indonesia bahkan di luar negeri.

“Kiranya Tuhan memuluskan pelaksanaan pesta tersebut, diberi cuaca yang bagus selama pesta serta hati yang damai dan kesehatan bagi semua peserta pesta”, harap panitia. (DM)

Baca Juga  Ketua Umum Perhimpunan INTI Lihat Pembelajaran Gasing di Humbang Hasundutan

Share :

Baca Juga

Tapanuli Raya

BPS Humbang Hasundutan Selenggarakan Pelatihan Pendataan Lengkap PL-KUMKM 2023

Tapanuli Raya

Cafe Berkedok Lapo Tuak Meresahkan Masyarakat, Warga Humbahas Desak Aparat Untuk Menutup

Tapanuli Raya

Bupati Humbahas Tinjau Proyek Pembangunan Jalan Parbotihan-Pulo Godang-Temba  

Tapanuli Raya

Open House Komunitas Wartawan Lintas Media di Humbahas Berlansung lancar dan Meriah

Tapanuli Raya

Wakil Bupati Humbahas Sampaikan Nota Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang Ranperda APBD 2024 dan Perubahan RPJMD 2021-2026

Tapanuli Raya

Bupati Humbahas Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Prama, Administrator dan Pengawas

Tapanuli Raya

LTFW Akan Dilaksanakan di Humbang Hasundutan Mulai 4 – 7 Oktober 2023

Tapanuli Raya

Bupati Humbahas Hadiri Wisuda IT Del Toba Sumut

Contact Us