Home / Banten

Selasa, 13 September 2022 - 14:35 WIB

Wakil Ketua DPRD Banten Fraksi PDIP Sesalkan Tindakan Walikota Cilegon

Barhum: Walikota Cilegon Harus Mampu Berikan Contoh Toleransi

Wakil Ketua DPRD Sesalkan Walkot Cilegon Bersikap Intoleran

BANTEN, Suararepubliknews – | Wakil Ketua Dprd Provinsi Banten dari Fraksi PDIP, Barhum HS menyoroti penolakan pembangunan rumah ibadah (gereja) yang terjadi di Cilegon, Banten.

Menurutnya tidak boleh ada diskriminatif dalam pendirian rumah ibadah. Hal itu sangat disesalkannya, karena Walikota dan Wakilnya telah menontonkan tindakan intoleran dengan menandatangani petisi bersama sekelompok ormas yang mengatasnamakan agama.

“Menolak pembangunan sarana rumah ibadah lain sangat bertentangan dengan hidup berbangsa dan bernegara, seharus nya seorang Walikota dan Wakil Walikota bisa lebih arif dan bijaksana dalam menempatkan diri ditengah masyarakat. “Kata Barhum saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (13/9/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan seorang walikota harus mampu melayani seluruh golongan masyarakatnya tanpa melihat suku dan agama dalam mengambil kebijakan.

“Tidak boleh ada diskriminatif. karna semua sudah diatur dalam peraturan SKB 2 Menteri (kementerian agama dan kementerian dalam negeri) No 9 dan 8 tahun 2006 dan UU No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. “Jelas Barhum.

Selain itu, Barhum juga menyebut di pasal 29 ayat 2 UUD 1945 telah dinyatakan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agamanya serta kepercayaanya.

Barhum menilai terkait pembangunan rumah ibadah semestinya Pemerintah Cilegon lebih kepada bagaimana menfasilitasi, dan bukan bagaimana
untuk melakukan keberpihakan yang lebih subyektif.

“Kalau saya lihat ini, mereka lebih kepada kepentingan politik semata. Semestinya ketika sudah menjadi kepala daerah seharunya lebih melayani semua golongan dan semua unsur masyarakat. “Ujarnya.

Barhum meminta inspektorat, Gubernur dan Kementerian Dalam Negeri harus segera menegur Walikota dan Wakil Walikota Cilegon agar tidak lagi terindikasi intoleran.

Baca Juga  KPU Lebak Tetapkan Titik-titik Lokasi Kampanye Pemilu 2024

“Saya berharap semua pihak dapat menahan diri dan harus menjadi satu warna dalam balutan Bhineka Tunggal Ika yang patuh terhadap konstitusi, Pancasila, dan UUD 1945. “Pungkas Barhum.[ margareth]

Share :

Baca Juga

Banten

Lestarikan Adat Budaya Karuhun Kasepuhan Cibadak Adakan Seren Taun dan Sunatan Masal 2023

Banten

Di duga akibat Korsleting Listrik Satu Rumah Warga Ludes Dilalap Si Jago Merah

Banten

Pemkab Lebak Jalin Kerjasama dengan BIG,Bupati Lebak,Intruksikan OPD Siapkan SDM

Banten

Panitia Pemilihan Kepala Desa Pondokpanjang Tetapkan Calon Dan Nomor Urut Serta Warna Bendera Untuk Lima Calon Kepala Desa.

Banten

Bupati Lebak Jelang  Tahun Baru,Acara Hedonisme Jangan terlalu Dibesar-besarkan

Banten

Diduga Langgar Kode Etik Ketua Panwascam Cijaku Resmi Diberhentikan Bawaslu Lebak

Banten

Meriahkan HUT RI yang ke 78,Desa Winong Gelar Piala Bergilir Turnamen Putsal

Banten

Camat Anyer Bina Petugas Kebersihan Persampahan Anyer

Contact Us