Home / Banten

Kamis, 13 Oktober 2022 - 15:38 WIB

124 Rumah Terdampak Longsor dan Banjir di Lebak,14 diantaranya Rusak Berat

Suara Republik News.Lebak – Banjir dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah di Lebak, Banten, pada Minggu 9/10/2022.

BPBD mengungkap ratusan rumah rusak akibat bencana itu.

BPBD Lebak mencatat total ada 655 rumah yang terdampak banjir. Sebanyak 124 rumah terdampak tanah longsor dengan rincian 14 rumah rusak berat, 16 rusak sedang, dan 94 rusak ringan.

“Ratusan rumah yang terdampak akibat bencana banjir dan longsor hari Minggu kemarin,” kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama, Kamis 13/10/2022.

Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di lima kecamatan, yaitu di Bayah, Cibeber, Panggarangan, Cilograng, dan Cigemblong. Bencana banjir disebabkan meluapnya air sungai.

Luapan terjadi di Sungai Cimandur di Bayah, Sungai Cibareno di Cilograng, Sungai Cisiih dan Sungai Cicantra di Panggarangan, Sungai Ciastram di Cibeber, dan Kali Pecang Pari di Cigemblong.

“Banjir itu disebabkan meluapnya air sungai karena memang hujan deras di lokasi waktu kejadian. Longsor juga dipicu karena hujan,” jelasnya.

Selain rumah, BPBD mencatat ada kerusakan pada infrastruktur akibat bencana banjir. Di Bayah ada Jembatan Cimandur putus, jalan antar Kampung Cidikit Girang-Tambleng terkikis, dua masjid di Desa Suwakan rusak ringan, empat fasilitas keagamaan rusak ringan.

Di Cilograng, jalan poros desa amblas 15 meter tepatnya ada di Desa Pasir Bungur. Kemudian ada jembatan penghubung putus di Desa Cibareno, Cilograng, Lebak dengan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Di Cikatomas, ada jembatan penghubung antar desa yang rusak berat. Ada juga jembatan swadaya masyarakat di Sajira yang ambruk.

“Selain rumah, juga ada infrastruktur yang rusak ya, seperti jembatan, masjid, atau fasilitas keagamaan, jalan terkikis,” jelasnya.

Adanya bencana banjir dan longsor ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak menetapkan status tanggap darurat bencana,Statusnya berlaku hingga 23 Oktober.

Baca Juga  Kabag Ops Polres Lebak hadiri Apel Siaga Pengawasan  Pemilu 2024 di Alun-alun Rangkasbitung

“Iya sudah ditetapkan (status tanggap darurat), mulai tanggal 9 sampai 23, ya,” pungkasnya.

*Iwan*

Share :

Baca Juga

Banten

Memperingati HUT Ke-78 PGRI dan Sambut HGN Kecamatan Malingping Adakan Berbagai Perlombaan

Banten

Kapolres Lebak Pimpin Upacara PTDH satu Personil Polres Lebak

Banten

Camat Firman Arif ,Tutup MTQ Ke – 1 Tingkat Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak

Banten

Edarkan Obat Tanpa Izin di Wilayah Bayah,Pelaku Diamankan Jajaran Sat Resnarkoba Polres Lebak

Banten

Kapolres Lebak Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian dan Wisuda Purna Bakti Personil Polres Lebak

Banten

Disbudparman Kota Tangerang Gelar Festival Mokervart

Banten

TEGAKKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA, DIMANA TOLERANSIMU WALIKOTA CILEGON?

Banten

Kejar Waktu Jelang Memasuki Akhir Tahun Diduga Pekerjaan Peningkatan Pelebaran Jalan Betonisasi Tidak Sesuai Speck,dan Ajang korupsi.

Contact Us