Home / Nasional

Selasa, 8 Februari 2022 - 22:34 WIB

BMKG:  Waspada Hujuan Lebat Sebahagiaan Wilayah Indonesia

Jakarta, Suararepubliknew.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, pada Selasa (8/2).


Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Selasa, disampaikan bahwa potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, serta Papua Barat.

BMKG menyebut bibit Siklon Tropis 93S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Barat yang membentuk daerah konvergensi yang terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Banten dan di Samudra Hindia selatan Jawa Barat.

Peningkatan kecepatan angin (low level jet) yang terinduksi akibat bibit siklon tropis tersebut terpantau di Samudra Hindia barat Banten hingga selatan Jawa Barat.

Sementara itu, Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat, di Sulawesi Tengah, dan di Samudra Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Laut Maluku bagian utara hingga Selat Makassar bagian utara, dan di Samudra Hindia barat daya Banten.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Riau dan dari Laut Natuna hingga Selat Karimata bagian utara.

Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. ( SRN )

Baca Juga  Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Targetkan Produksi Baterai Mulai pada 2024

Tag : Berita nasional, Berita terupdate, Berita terkini, Berita viral, Berita trending, Berita terbaru, Suararepubliknews, Berita Hujan Lebat, Berita Indonesia terkini, Berita cuaca terupdate, Berita Indonesia viral, Berita Indonesia trending, huan lebat

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Joko Widodo Kunjungan Kerja ke Provinsi Kalimantan Timur

Nasional

Pemkab Nias Utara Laksanakan Panen Raya Ikan Nila Sistem Bioflok

Nasional

PRESIDEN JOKOWI MENGHADIRI KTT G.7 DI JERMAN.

Nasional

KBKK Hadir Dipergolakan Di Timur Leste 1999, Membantu Para Korban

Nasional

Polri, KPU, Bawaslu, KPI, PWI dan Dewan Pers Bertemu, Bahas Pencegahan Berita Hoax Jelang Pemilu 2024

Nasional

Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Targetkan Produksi Baterai Mulai pada 2024

Nasional

Tinjau Blok Rokan, Presiden Yakin SDM Nasional Mampu Kelola Potensi Migas Dalam Negeri

Nasional

Resmikan Bendungan Beringin Sila, Presiden Harapkan Produktivitas Pertanian di NTB Meningkat

Contact Us