Home / tulungagung

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:14 WIB

LPKP2HI Laporkan Dugaan Pungli SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ke Kasatgas Saber Pungli Jakarta

Suararepubliknews.com Tulungagung 14/06/2022,, Lembaga Pengawas Korupsi dan Pemantau Penegak Hukum Indonesia (LPKP2HI) melaporkan dugaan pungli pada SMAN 1 Rejotangan Tulungagung Jawa Timur ke Satgas Saber Pungli di Jakarta. Langkah ini ditempuh setelah LPKP2HI menerima aduan adanya pungutan liar terhadap siswa-siswi kelas X, XI dan kelas XII di sekolah menengah atas tersebut.

Ketua LPKP2HI Sugeng Sutrisno mengatakan, pihaknya mengecam keras terkait dugaan pungli di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung.

“Dari informasi yang kami himpun, siswa-siswi diwajibkan membayar SPP 75 ribu rupiah. Kemudian siswa yang mendapatkan Program Indonesia Pintar (PIP) juga dipotong 75 ribu rupiah selama 12 bulan (900 ribu rupiah). Selain itu juga diwajibkan membeli buku LKS sebesar 700 ribu rupiah (selama 2 semester). Ada lagi untuk kegiatan purnawiyata/perpisahan Tahun 2022 ini diharuskan bayar 300 ribu rupiah. Jadi jelas ini murni pungutan liar,” terang Sugeng Sutrisno, Kamis (9/6/2022).

Pihaknya menyatakan, pungli yang dilakukan lembaga sekolah SMAN 1 Rejotangan Tulungagung ini sangat meresahkan orang tua siswa.

“Nah, mereka orang tua siswa inilah yang mengadu kepada kami LPKP2HI, tanda bukti pengaduannya ada dan ditandatangani di atas materai. Aduan ini lah yang kemudian kami sikapi dan melaporkannya ke Satgas Saber Pungli di Jakarta tertanggal hari ini 9 Juni 2022 dengan nomor 051/SLP/LPKP2HI/VI/2022,” kata pria yang akrab disapa Sugeng Tato ini.

Untuk diketahui, program SPP gratis bagi seluruh siswa SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur berlaku mulai 2019 lalu. Dikutip dari laman Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi seluruh siswa SMA/SMK Negeri di Jawa Timur gratis. Ia pun meminta kepada sekolah untuk tidak melakukan pungutan kepada siswa, khususnya peserta didik baru dalam bentuk dan nama apapun.

Baca Juga  Pemerintah Desa Tanggunggunung Laksanakan Foging Penangulangan DBD di Dua RT

“Program SPP gratis ini sudah berjalan sejak 2019 lalu. Jadi sekolah tidak diperkenankan memungut rupiah sepeserpun dari siswa. Semua gratis, seluruh Jatim seperti kata Khofifah”.pungkas Sugeng…Yps/Kbt

Share :

Baca Juga

tulungagung

Jelang Lebaran Pemdes Kresikan Salurkan Gaji 74 Guru Ngaji

tulungagung

Respon LMI Rescue Peduli Banjir Dan Tanah Longsor Kabupaten Lumajang Jatim

tulungagung

Disbudpar Tulungagung Akan Koordinasi dengan OPD terkait Study tour Anak Sekolah

tulungagung

Nurhasim Ketua TE_x Tagih Janji Bupati Tulungagung,Anggaran 100 Miliar Perbaikan Jalan

tulungagung

Meriahkan Karnaval  Desa Tanggunggunung Peringatan HUT RI ke 78 Tahun,DrumBand SMPN 01 Tanggunggunung

tulungagung

Monopoli,Mark up & Money Loundry Dibalik Pelaksanaan Program BSM Dispendikpora Tulungagung

tulungagung

Hampir Dua Minggu Di Guyur Hujan Banyak Kubangan Air di Jalan Berlubang,Pengendara Harus Hati – hati

tulungagung

Maraknya Dugaan Pungli Di Sekolahan, Ketua LPKP2HI Tulungagung Mengecam Keras Dan Akan Menindak Lanjuti Ke Jalur Hukum

Contact Us