Home / Daerah

Kamis, 10 Maret 2022 - 06:34 WIB

Pemekaran Papua Tamu di Rumah Sendiri

PAPUA,Suararepubliknews.com – Terkait penetapan kebijakan moratorium pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh Pemerintah membuat masyarakat Papua Menjadi Tamu Atas sumber daya Ekonominya sendiri.

Dengan dibukanya pemekaran sehingga memberikan akses kepada investor asing dan membuat akses bagi tenaga kerja nonpapua sehingga peluang tersebut akan diisi oleh orang-orang nonpapua.

” Rakyat tetap diperalat para pejabat dipapua yang haus kekuasaan, dengan cara memainkan isu primodialisme, sukuisme,” Terang Dano Tabuni Kordinator Aksi Masyarakat Papua Tolak Pemekaran. Rabu, (9/3/2022).

Ia Menambahkan bahwa modernisasi secara budaya  secara massif sehingga membuat budaya orang papua mulai rusak dari berbagai lini setidaknya 16 bahasa daerah yang punah. Hilangnya budaya pengunaan pakaian adat lainnya.

Ditambah dominasi Pengelolahan sumber Daya Alam Papua nonPapua 90% sedangkan Orang Asli Papua 10% itupun lebih pada pengelolahan proyek pemerintah sedang, keterlibatan orang Papua dalam Perusahan-Perusan besar.

Sebab semua itu sudah terbukti dengan cara sistematis tingginya arus kependudukan. karena semua itu terlihat jelas dari aspek yuridis dan sosiologis aspirasi pemekaran berangkat dari kepentingan elit dan kekuasaan mengatasnamakan rakyat Papua.

Wartawan   : Reva Marliana

Editor          : Imam Mu’iz

Tag: Papua, Pemekaran, dominasi, sumberdaya alam, moratorium

Share :

Baca Juga

Daerah

Masyarakat 3 Gampong Dambakan Jalan Hubungan Diaspal

Daerah

Razia Hari Valentine, Satpol PP Surabaya Jaring Puluhan Pasangan di Luar Nikah

Daerah

Tiga Wartawan Dikeroyok Sedang Menjalankan Tugas

Daerah

Penyeberangan Lapung-Merak Padati Arus Balik

Daerah

Terapkan TTE, Pemkab Aceh Barat tandatangani PKS dengan BSSN

Daerah

Detik-detik Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke

Daerah

Laznas LMI Kirim Tim Relawan Peduli Banjir Banyuwangi

Daerah

DPC-PPDI Kab Rohul Menggelar Rapat Persiapan Pelantikan  Jajaran  DPC-PPDI Rohul

Contact Us