Home / Nias

Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:02 WIB

Pengurus DPK Partai PRIMA Kota Gunungsitoli Melakukan Audiensi Dengan KPU Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli-www.suararepubliknews.com – Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan tahapan pemilihan umum tahun 2024, Dewan Pengurus Kota Partai Rakyat Adil dan Makmur (DPK Partai PRIMA) Kota Gunungsitoli melakukan audiensi bersama kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli pada hari Senin, 08/08/2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Pengurus baik ditingkat Kota maupun ditingkat Kecamatan yang sudah terbentuk diseluruh Wilayah Kota Gunungsitoli. Rombongan pengurus Partai PRIMA Kota Gunungsitoli tersebut langsung diterima oleh Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Novrianus Gea. SE bersama Komisioner yang lain diruang pertemuan KPU Kota Gunungsitoli.

Pdt.Agustinus Harefa, S.Th selaku Ketua DPK Partai PRIMA Kota Gunungsitoli berterimakasih atas perkenaan Ketua KPU Kota Gunungsitoli bersama Komisioner yang lain dalam melakukan kegiatan audiensi bersama. Kami dari pengurus Partai PRIMA Kota Gunungsitoli yang baru terbentuk beberapa bulan yang lalu ingin membangun kordinasi kepada pihak penyelenggara pemilu khususnya KPU Kota Gunungsitoli guna mempersiapkan dan melakukan pembenahan diri dalam menghadapi tahapan kegiatan verifikasi faktual yang dilakukan pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Lanjut Ketua DPK Partai PRIMA Kota Gunungsitoli bahwa sebagai partai yang baru terbentuk saat ini, hendaknya kami diberi informasi yang berhubungan dengan kegiatan partai termasuk pada entry data pada SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) dan juga tentang informasi ter update. Kami sadari bahwa kami pengurus Partai PRIMA juga sangat minim pengalaman dalam berbagai hal termasuk dalam hal pengurusan data dan dokumen yang menyangkut syarat dukungan masyarakat kepada partai menjelang verifikasi faktual dilakukan.

Harapan kami bahwa agar setiap perkembangan pada setiap informasi yang menyangkut masalah penyelenggaran pemilu termasuk partai hendaknya Partai PRIMA Kota Gunungsitoli tidak terlewatkan dengan info dan event dari KPU Kota Gunungsitoli.

Baca Juga  Pelaksanaan Kick Off Dan Konsultasi Publik I Penyusunan KLHS RTRW Kab. Nias Barat Tahun 2022

Kami juga dari pihak Pengurus Partai PRIMA Kota Gunungsitoli menyatakan bahwa siap memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Gunungsitoli demi memajukan kesejahteraan kita bersama sebagai masyarakat sosial pada umumnya. Pungkas Ketua DPK Partai PRIMA.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu sedang berlangsung, dan sebagai penyelenggara pemilu tentunya KPU Kota Gunungsitoli melaksanakan kewajibannya berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 dan PKPU yang berlaku.

KPU Kota Gunungsitoli juga telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam penyelenggaraan pemilu termasuk penerimaan pendaftaran partai politik ditingkat KPU RI dari tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022. Beberapa partai yang sudah mendaftarkan diri di KPU RI.

Dalam pelaksanaannya, berdasarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran Partai Politik dan Verifikasi Faktual serta penetapan calon peserta pemilu tahun 2024.

KPU sebagai penyelenggara pemilu tetap mempedomani Amanat Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55 Tahun 2020 tentang pembagian tiga (3) kategori Partai Politik peserta pemilu yakni Partai politik yang lolos Parliamentary Threshold (4%) dan perlakuannya hanya mendaftar dan verifikasi administrasi, partai politik yang tidak lolos Parliamentary Threshold  perlakuannya adalah melakukan pendaftaran, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU sendiri.

Tambah Ketua KPU Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa bagi Parpol yang sudah lolos PT maka hanya dilakukan pendaftaran serta verifikasi kepengurusan dan kantor saja. Sementara partai politik yang tidak lolos PT melakukan pendaftaran, verifikasi kepengurusan dan kantor serta verifikasi faktual terkait syarat dukungan.

KPU Kota Gunungsitoli senantiasa berpegang teguh pada amanat UU yang ada, dan seluruh kegiatan pendaftaran Parpol dilakukan di KPU RI. Untuk itu besar harapan kepada seluruh Pengurus Parpol yang sudah mendaftar di KPU yang ada di wilayah Kota Gunungsitoli agar menyiapkan Tim Liaison Officer (LO) atau Tim Penghubung antara KPU Kota Gunungsitoli dengan Parpol untuk akses informasi yang setiap saat disampaikan. Pungkas Ketua KPU Kota Gunungsitoli.

Baca Juga  Kegiatan Deklarasi Relawan Juang Puan Maharani Kepulauan Nias Berjalan Dengan Baik Dan Sukses

Hadir dalam kegiatan audiensi tersebut seluruh pengurus DPK Partai PRIMA Kota Gunungsitoli, Ketua dan anggota KPU Kota  Gunungsitoli dan jajaran sekretariat KPU Kota Gunungsitoli.

(ML)

Share :

Baca Juga

Nias

Pemda Nias Barat Sangat Apresiasi Layanan Ambulance PMNBI

Nias

KETUA DPD AKRINDO KEPULAUAN NIAS ANGKAT BICARA TERKAIT PEMECATAN DOSEN UNIVERSITAS NIAS OLEH YAYASAN PERGURUAN TINGGI NIAS

Nias

Presiden RI Jokowi melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kepulauan Nias (Kepni)

Nias

Diduga Melanggar Waktu Beroperasi Dan Izin Keramaian, KTV Binaka Hotel Untuk Segera Ditertibkan

Nias

Sejumlah Warga Desa Hilihao Cugala Kecamatan Bawolato Protes Pemerintah Desa Soal Pengadaan Bantuan Pinang Batara

Nias

KORAMIL -11/GOMO : SALURKAN BANTUAN TUNAI PKLWN HARI KE- II.

Nias

Kepatutan & Kesetiaan Nafas Pergerakan ORMAS Pemuda Katolik Nias Barat

Nias

KPU Kabupaten Nias Gencar Melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Sistem SIAKBA Dalam Rangka Perekrutan Badan Adhoc Pemilu Tahun 2024

Contact Us