Home / Advertorial

Jumat, 17 Mei 2024 - 10:59 WIB

Sosialisasi dan Edukasi TBC dan TPT di RSUD Kota Tangerang

Peserta Sosialisasi dan Edukasi TBC dan TPT di RSUD Kota Tangerang, Kamis, 16 Mei 2024

Kota Tangerang, suararepubliknews.com – Dalam rangka menyelenggarakan program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), RSUD Kota Tangerang mengadakan seminar dengan tema “Kenali Gejala dan Pengobatan TBC” pada Kamis, 16 Mei 2024. Seminar ini dihadiri oleh komunitas Jaringan Indonesia Positif (JIP),KDS Perawatan dan masyarakat umum. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang Tuberkulosis (TBC) dan pentingnya Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) .

Pemaparan Narasumber utama oleh Dr. Amir Ali di RSUD Kota Tangerang, Kamis, 16 Mei 2024

Narasumber utama dalam seminar ini adalah Dr. Amir Ali, yang memberikan penjelasan rinci mengenai TBC. Dr. Amir menjelaskan bahwa TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang penularannya terjadi melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau meludah. Karena itu, sangat penting untuk mencegah penularan lebih lanjut agar tidak menyebar ke keluarga dan lingkungan sekitar.

 

Penyembuhan dan Perawatan TBC

Dr. Amir juga menyampaikan bahwa proses penyembuhan TBC kini lebih mudah, baik di rumah sakit maupun di Puskesmas. Puskesmas saat ini memiliki program Obat Hati Tuberkulosis (OHT) yang menyediakan terapi selama enam bulan. Dengan kepatuhan terhadap pengobatan yang teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga, penyakit ini dapat sembuh total.

Gejala dan Pencegahan TBC

Ciri-ciri orang yang mengidap TBC antara lain:
1. Batuk yang tidak sembuh-sembuh, bahkan setelah dua minggu berobat.
2. Demam yang tidak kunjung reda.
3. Berat badan yang menurun drastis dalam dua minggu.

 

Bagi penderita TBC, disarankan untuk selalu memakai masker guna mencegah penularan kepada orang lain, mengingat bakteri penyebab TBC menyebar melalui udara.

Baca Juga  Peristiwa-Peristiwa Penting Hari ini Tanggal 28 Mei di Indonesia dan Dunia

 

Pelayanan Gratis di Kota Tangerang

Saat ini, Kota Tangerang telah menyediakan obat-obatan TBC secara gratis di rumah sakit dan Puskesmas. Hal ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan perawatan yang diperlukan tanpa harus khawatir tentang biaya.

Pentingnya Edukasi dan Sosialisask.i

Seminar seperti ini sangat penting dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang TBC dan TPT,  bagi orang yang rentan terhadap infeksi TBC. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam mencegah dan mengobati TBC, sehingga penyebaran penyakit ini dapat dikendalikan dengan lebih efektif.

RSUD Kota Tangerang berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai TBC dan penyakit lainnya, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Advetorial

Share :

Baca Juga

Advertorial

Dinsos Kota Tangerang Distribusikan Bantuan Kursi Roda Untuk Disabilitas Ke Warga Karangsari

Advertorial

Rongga Mulut, Dia Yang Terabaikan : Pemicu Masalah Kesehatanmu’ Webinar HUT RSUD Kota Tangerang Ke-8, Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut Sedunia

Advertorial

Dinas Porabudpar Kabupaten Tangerang

Advertorial

Upaya Menjaga Ketahanan Pangan Di Dukung Ketua DPRD Kota Tangerang

Advertorial

Ketua DPRD Dorong Seni Bonsai Jadi Ekonomi Kreatif Unggulan

Advertorial

Disdukcapil Kota Tangerang, Kembangkan Identitas Kependudukan Digital

Advertorial

BAPPEDA Kota Tangerang, Menyelenggarakan Pemuktahiran Data Indikator 9 Tatanan Kota Sehat

Advertorial

Satpol PP Kota Tangerang dan Petugas Damkar Bahu-membahu untuk Memadamkan Api

Contact Us