Home / Tangerang Raya

Rabu, 25 Mei 2022 - 16:56 WIB

Sosialisasi UU ITE No.19 Tahun 2016, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Pamulang

Suararepubliknews.com – Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Ilmu Hukum 2022/2023, dalam mensosialisasikan UU ITE No.19 Tahun 2016, dilakukan oleh mahasiswa program studi ilmu hukum dari universitas Pamulang (UNPAM), di SMK Excelent 1 Kelurahan Belendung Kecamatan Benda Kota Tangerang.

Dengan menghadirkan nara sumber, H.M Ali SE, Ketua Yayasan Excelent I. Hj. Rohma S.Ag. serta Dosen Pembimbing. Wina Bugi Wijaya,SH,MH, serta di ikuti 33 mahasiswa dari 7 kelompok dan siswa siswi SMK Excelent sebanyak 400 orang.

Dalam sosialisasi mahasiswa UNPAM fakultas hukum tersebut, membeberkan bahaya tentang penggunaan media sosial, seperti di Instagram, Facebook atau sebagainya. Dan itu sangat penting dilakukan penyuluhan, apalagi kepada kaum muda, agar generasi muda atau pelajar yang notabene masih dibawah umur tidak terjerat hukum ITE, seperti cyber bullying hoax dan segala macam penyalahgunaan.

Melanggar di dalam interaksi di internet sanksinya ada pidana. Namun bagi yang masih umur di bawah 18 tahun, maka sistem peradilan yang digunakan adalah sistem peradilan Pidana anak.

“Namun sistem peradilan yang umurnya sudah di atas 18 tahun ketika melanggar undang-undang ITE itu sanksinya sudah jelas di undang-undang pencemaran nama baik,” dalam pemaparan mahasiswa fakultas hukum ini.

Selanjutnya, untuk korban media sosial akan merasakan efek psikologis, misalkan: “depresi” jadi korban korban dari media sosial itu akan mengalami depresi dan itu sangat berbahaya.

Selain itu, dampak yang lebih buruk bagi pengguna media sosial yang tanpa batas itu iyalah, menimbulkan “stress” dan lebih parahnya lagi, akan mengakibatkan bunuh “diri”. Itulah dampak buruk dari penggunaan media sosial.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus dapat dipahami oleh pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut agar kedepannya generasi penerus tidak salah jalan ujar ketua yayasan Hj.Rohma S.Ag dan ketua yayasan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih karena SMK exelent 1 dipilih untuk kegiatan PKM dari universitas pamulang imbuhnya

Baca Juga  Oknum Kepala Desa Wanakerta,di duga kebanyakan pikiran,istigfar pak,,,,!!Gimana Bpk Bupati???

Acara diakhiri dengan makan bersama dan pemberian plangkat untuk mempererat tali silaturahmi antara pelajar dan mahasiswa serta dewan guru.( Margareth)

Share :

Baca Juga

Tangerang Raya

Kades Margamulya,Abu Bakar,Santunin Anak yatim.

Tangerang Raya

Edarkan Obat Terlarang, Polsek Jatiuwung Amankan Penjaga Toko Kosmetik

Tangerang Raya

Lamban Tanggapi Surat Forum RW, Walikot Tangerang Diminta Copot Camat Cipondoh dan Lurah Gondrong

Tangerang Raya

Vihara Boen San Bio Siap Menyambut Tahun 2574 Sio Kelinci Air

Tangerang Raya

Oknum Kepsek SMA N 1 Tangerang Resmi Dilaporkan LSM WIBARA ke Kejari Kota Tangerang

Tangerang Raya

Gemilangnya Acara Transisi PAUD ke SD di SD Negeri Kramat V Pakuhaji: Langkah Awal Menuju Masa Depan Cerah!

Tangerang Raya

Pembagian BLT DD Desa Jalupanggirang.

Tangerang Raya

Fajar Merah Gunungkidul Dengan Yakin Melenggang Ke babak Semifinal Turnament KASAL Cup 2022

Contact Us