Home / Tapanuli Raya

Selasa, 13 Desember 2022 - 12:31 WIB

Air Terjun Ini Salah Satu  Kebanggan Humbahas. Lokasinya di Parlilitan

Lokasi Air terjun Lae  Simarpangpang  berada di Dusun Laengkole, Desa Sionom Hudon Sibulbulon Kecamatan Tarabintang Humbahas,  Selasa 13/12/2022.

Parlilitan, (Humbahas), Suararepubliknews – Kabupaten Humbanghasundutan Sumatera Utara, banyak potensi wisata alam yang boleh dikembangkan. Selain wisata  selama ini dikenal dengan peninggalan sejarah termasuk Raja Sisingamangaraja, Sipinsur, Seribugua dan objek wisata lainnya. Kabupaten ini pun menyimpan banyak mitos atau legenda  penuh dengan keindahan lokasinya dan historis yang melekat kepada warga setempat, semuanya itu adalah anugerah Tuhan yang patut disyukuri dan dijaga kelestariannya oleh masyarakat Humbahas  .

Terlihat dengan banyaknya potensi itu pula, hingga kedepan diharapkan bisa digali dan diolah penataanya tentu dengan harapan bisa mengangkat nama kabupaten humbahas dikanca nasional bahkan internasional, dengan sendirinya akan berdampak luas bagi masyarakat sekitar peruntukannya.

Semisal, dengan berbagai potensi alam yang banyak itu, termasuk ada di Kecamatan Parlilitan, ada air terjun disana dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di hunbahas. Lokasinya berada di Dusun Laengkole, Desa Sionom Hudon Sibulbulon.

Namanya, Air Terjun Lae Simarpangpang. Air terjun dengan ketinggian  mencapai 175 meter ini, disempurnakan oleh hutannya yang alami dan sejuk, air jatuh nampak terlihat seperti debu yang dihembus angin dan ketika kita berada dilokasi akan menikmati kesejukannya. Akses jalan menuju ke lokasi ini ada dua,

bisa  dari dusun laengkole sekitar 1 km melalului persawahan warga, sedangkan dari  Peararaja menuju dusun itu kurang lebih  1 km . Akses lain menuju lokasi yang sama juga bisa  dari Dusun Ambalo  dengan jarak yang sama kurang lebih  1 kilo meter, cuman biasanya pengunjung lebih nyaman dari Ambalo karena jalannya lebih bagus. 

Edison Situmorang warga setempat menjelaskan, berdekatan dengan Air Terjun Lae Simarpangpang atau sekitar 500 meter dekat air terjun itu, ada danau yang  merupakan lokasi yang bersejarah sekaligus menurut cerita, konon kalau tempat yang dianggap sakral itu oleh warga namanya Danau Sirintua berada disana. Disitulah dahulu kala perkampungan pertama Sionom Hudon, dan sampai sekarang gubuk tua peninggalan jejak sejarah itu masih ada disana dekat dengan danau dimaksud.

Baca Juga  Jambore Kader PKK Humbang Hasundutan Dilaksanakan di Sipinsur, Paranginan Juara I Mars PKK

“Selain panoramanya, udara yang sejuk dan asrih air terjun itu ramai dikunjungi oleh pengunjung baik dari daerah maupun dari luar daerah. Kalau selama ini menjadi kendala mungkin akses ke lokasi, kami bersama bapak Kepala Desa sudah mengusulkan pembangunan jalan menuju lokasi itu ke Diaspora melalui desa,  kita usulkan yang diketahui oleh Pemerintah Kabupaten Humbahas(Pemkab) dan semoga nanti terealisasi pembangunannya, dan termasuk jalan menuju Tele Kabupaten Samosir, karena dari lokasinya  juga sudah dekat denga jarak sekitar setengah jam sudah tembus ke tele, dahulu katanya dari sinilah kami kalau mau ke samosir atau maronan ( pekan-bahasa Indonesia)” ucapnya (13/12).

Edison menambahkan, selain menikmati keindahan suasana Air Terjun Simarpangpang ditempat ini ternyata menyimpan banyak  obat- obatan herbal atau obat alami berasal dari tumbuhan yang dipercaya dapat meneyembuhkan berbagai penyakit,  dan Ia menjelaskan  karena selain dianggap tempat itu sakral ia menyarakan agar setiap pengunjung yang datang hendaknya dipandu oleh masyrakat setempat guna memandu selama berwisata kelokasi tersebut.

“Sebenarnya kalau berkunjung kelokasi itu, tidak sembaragan atau harus ada pemandu. Apalagi kalau mengunjungi  danau dekat air terjun itu tadi. Menurut nenek moyang kami dilokasi danau itu dahulu ada rumah,  dan indah memang, airnya jernih bening seperti kaca tapi sumber airnya kita tidak tau dan alirannya pun tidak tau kemana atau tidak terlihat” tandasnya. 

Saut Tumanggor salah satu pegiat pelestarian alam,  juga mengungkapkan hal yang sama. Dan menjelaskan kalau   Air Terjun Lae Simarpangpang merupakan salah satu dari banyaknya potensi  wisata terbaik yang dimiliki humbanghasundutan, termasuk di Pakkat Parlilitan Tarabintang(Papatar) maka dengan itulah, Ia mengajak masyarakat setempat untuk menjaga kelestariannya.

Share :

Baca Juga

Tapanuli Raya

Ketua Panwaslu Lintongnihuta Lantik PKD Pengganti Antar Waktu

Tapanuli Raya

Hari ke 12 (Dua belas ) Ops Zebra Toba 2023 di Polres Humbahas, Pelanggar Didominasi Tidak Pakai Helm

Tapanuli Raya

Ruas Jalan Batugajah-Pakpak Bharat Diperbaiki Atas Usulan Proposal Bupati Humbahas Kepada Gubsu

Tapanuli Raya

Bupati Humbahas Jalin Kerjasama Kemitraan Agribisnis dengan PT. Indofood Fortuna Makmur

Tapanuli Raya

PPDI Dorong Pers Daerah Bangkitkan Rasa Cinta Generasi Muda Terhadap Bangsa, Dan Jauhi Narkoba

Tapanuli Raya

Bupati Humbahas Hadiri Rakor F1 Powerboat H2O di Toba

Tapanuli Raya

2 Siswa SMAN 1 Onan Ganjang Humbahas Raih Medali Perunggu di Kejurda Gulat Provsu

Tapanuli Raya

Pemkab Humbahas Tandatangani MoU Dengan Pemkab Sumedang Terkait Penanganan Stunting

Contact Us