Home / Internasional

Rabu, 12 Juni 2024 - 07:02 WIB

AS akan Kirimkan Sistem Rudal Patriot ke Ukraina Setelah Kyiv Meminta Pertahanan Udara

Sekutu-sekutu lain, termasuk Jerman, juga telah menyediakan sistem pertahanan udara dan juga amunisi untuk Ukraina.

Washington, Suararepubliknews.com – Amerika Serikat akan mengirimkan sistem rudal Patriot kepada Ukraina, dua pejabat AS mengatakan pada hari Selasa, menjawab permintaan Kyiv yang terdesak untuk meningkatkan pertahanan udara saat mereka menghadapi serangan Rusia yang gencar di wilayah Kharkiv timur laut.

Kedua pejabat tersebut mengatakan bahwa Presiden Joe Biden telah menyetujui langkah tersebut. Ini akan menjadi sistem Patriot kedua yang diberikan AS kepada Ukraina, dan Pentagon secara rutin menyediakan sejumlah rudal yang tidak disebutkan jumlahnya untuk sistem tersebut.

Kedua pejabat AS tersebut berbicara dengan syarat anonim karena keputusan tersebut belum diumumkan secara publik. Keputusan ini pertama kali dilaporkan oleh media berita The New York Times.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akhir bulan lalu meminta tambahan sistem Patriot buatan AS, dengan alasan bahwa sistem ini akan membantu pasukannya melawan hampir 3.000 bom yang ia katakan diluncurkan oleh Rusia ke negaranya setiap bulan.

Sementara itu, Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina masih sangat membutuhkan tujuh sistem lainnya untuk menangkis serangan Rusia terhadap jaringan listrik dan wilayah sipil, serta target militer, dengan bom luncur yang menghancurkan dan menimbulkan kerusakan yang luas.

Dia mengatakan Ukraina membutuhkan dua sistem tersebut untuk melindungi Kharkiv, di mana Rusia meluncurkan serangan lintas batas pada 10 Mei yang masih membuat pasukan Ukraina goyah.

“Jika kami memiliki sistem Patriot modern ini, pesawat-pesawat tempur (Rusia) tidak akan bisa terbang cukup dekat untuk menjatuhkan bom pada penduduk sipil dan militer,” kata Zelenskyy dalam sebuah konferensi pers di ibukota Spanyol – Madrid.

Baca Juga  Colloquium Liturgicum 2024: Meraih Kesempurnaan Melalui Liturgi di Bandung

Keputusan ini diambil ketika para pemimpin pertahanan dari AS, Eropa dan negara-negara lain mempersiapkan pertemuan bulanan mereka mengenai kebutuhan keamanan Ukraina. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan menjadi tuan rumah pertemuan tersebut di Brussels pada hari Kamis (13/06).

AS telah secara rutin mendesak sekutu-sekutunya untuk menyediakan sistem pertahanan udara bagi Ukraina, namun banyak yang enggan menyerahkan sistem berteknologi tinggi tersebut, terutama negara-negara di Eropa timur yang juga merasa terancam oleh Rusia. (Stg)

Rudal, Headline, Ukraina, Perang, AS

Share :

Baca Juga

Internasional

Israel Merangsek ke Shejaia dan Rafah, Pertempuran Meningkat

Internasional

Sabtu Kisah: Membangkitkan Semangat dari Keterpurukan, Nick Vujicic

Internasional

Pertemuan Putin-Kim Membawa Hasil Tidak Biasa di Korea Utara

Internasional

Masoud Pezeshkian Unggul di Putaran Kedua Pilpres Iran

Internasional

Pemberontak Houthi Menargetkan Kapal di Teluk Aden

Internasional

Peringatan China atas Penempatan Rudal Jarak Menengah AS di Filipina

Internasional

Rusia Rebut Dua Desa di Ukraina Timur, Ukraina Semakin Melemah

Internasional

Ukraina akan Terima Rudal Pertahanan Udara dari Spanyol dalam Jumlah Besar

Contact Us