Home / Hukum

Rabu, 9 Februari 2022 - 21:23 WIB

Firli : Peranserta Pers Dalam Pemberantasan Korusi “ Top Isu”

Jakarta, Suararepubliknews.comKetua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut jika insan pers memiliki peran penting dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. Hal itu disampaikan Firli dalam rangka Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini, Rabu (9/2/2022)

“Kami di KPK melihat andil dan peran nyata insan pers dari maraknya pemberitaan seputar kasus serta penanganan korupsi yang dilakukan KPK pada media massa tanah air. Bahkan, isu korupsi seringkali dijadikan `headline` atau `top isu` dalam rating media massa,” kata Firli melalui keterangannya.

Firli mengatakan pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang sangat dibutuhkan Indonesia. Pers bisa membantu pemerintah menghadapi sampai menyelesaikan permasalahan bangsa yang beragam.

“Salah satunya perilaku koruptif dan kejahatan korupsi yang telah berurat akar di NKRI,” ujar Firli.

Dia juga menyebut wartawan kerap membantu mencari informasi kasus korupsi yang dibutuhkan KPK dengan pendalaman pemberitaan yang dilakukan. Berita mendalam itu diyakininya

Sebagai upaya pencegahan dan penindakan korupsi yang dilakukan secara tepat, cepat, terukur, dan efisien.

“Tidak berlebihan jika kami katakan insan pers memiliki andil teramat penting dalam segenap daya dan upaya KPK bersama segenap elemen negara, untuk membentuk peradaban dan budaya antikorupsi di Indonesia,” tutur Firli.KPK menganggap pewarta sebagai saudara seperjuangan dalam memberantas korupsi di Indonesia. KPK dan wartawan mempunyai jalan berbeda namun satu arah dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Firli berharap wartawan di Indonesia terus konsisten membantu KPK memberantas korupsi bersama. Firli yakin demokrasi bisa terbuka, transparan, serta bebas dari korupsi jika terus dipantau oleh wartawan.

“Disinilah salah satu peran besar pers, yakni ikut memonitor dan menjaga transparansi, akuntabilitas, keterbukaan, dan sistem tata kelola pemerintahan agar selalu baik, untuk menutup peluang atau celah terjadinya korupsi,” ucap Firli.( SRN )

Baca Juga  Bakamla RI Kunjungi Japan Coast Guard

Tag: top isu, berita Indonesia terkiniberita Indonesia terupdateberita Indonesia trendingberita Indonesia viralBerita nasionalberita terbaruberita terkiniberita terupdateberita trendingberita viral, berita Korupsi

Share :

Baca Juga

Hukum

 KAJATISU MERESPON LAPORAN DPD AKRINDO KEPULAUAN NIAS ATAS DUGAAN TIPIKOR KEPALA DESA GOLAMBANUA II

Hukum

Terjadi Pembiaran Ratusan Tabung Elpiji  Subsidi Dioplos Jadi Non Subsidi Tujuan Rauf Untung Gedean

Hukum

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani  Angkat Bicara Jual Beli Kamar Lapas Cipinang

Hukum

Lagu Mars dan Hymne KPK, Bukti Keluarga Firli Bahuri Sudah Budayakan Sikap Antikorupsi

Hukum

Buron Sejak Tahun 2020, Polsek Kebon Jeruk Belum Tangkap Tersangka

Hukum

Jaksa Agung: Penunjukan Pejabat Melalui Proses Panjang, Mulai dari Rekam Jejak Sampai Evaluasi Kinerja

Hukum

Langkah Pulihkan Kepercayaan Publik, Ketua Mahkamah Agung Gelar Refleksi Kinerja Di Awal Tahun 2023

Hukum

Pengusaha Minyak Oplosan di Medan Sunggal Ancam Wartawan, APH Diminta Gerak Cepat

Contact Us