Home / Jawa Timur

Selasa, 22 Februari 2022 - 04:45 WIB

Tatik Effendi Borong Tempe Lalu Dibagikan Gratis di Pasar Krukah Saat Tempe Langka di Surabaya

SURABAYA, Suararepubliknews.com – Para perajin tahu dan tempe di Surabaya sudah memulai aksi mogok produksi mulai hari ini hingga 23 Februari 2022 mendatang karena imbas naiknya harga kedelai di pasaran.

Sehingga menyebabkan stok tempe dan tahu sudah mulai susah ditemui di sejumlah pasar di Surabaya, namun masih ada beberapa pedagang yang menjual tahu dan tempe.

Melihat kondisi tersebut, Wakil Ketua DPC Partai NasDem Kota Surabaya, Tatik Effendi.,S.H memborong ratusan tempe dan tahu dalam kunjungan pasar yang dilakukannya di Pasar Krukah, pada Senin (21/2/2022). 

Setelah memborong ratusan tempe dan tahu, Bunda Tatik, Panggilan akrab beliau langsung membagikan tempe – tempe tersebut kepada warga yang sedang kesulitan mencari tempe dan tahu saat itu juga di Pasar krukah.

Hal itu dilakukannya karena ia melihat mirisnya krisis pangan yang terjadi saat ini dan terjadi di tengah – tengah kondisi Pandemi sang masih saja belum usai – usai ini.

“Krisis pangan terjadi bertubi-tubi, persoalan minyak goreng belum tuntas, sekarang lanjut krisis pasokan kedelai sehingga mengakibatkan kelangkaan tempe dan tahu di pasaran. Ini seharusnya jadi ujian bagi BUMN Pangan, mampu tidak ikut atasi kerentanan pangan di Indonesia,” kata Bunda Tatik.

Lebih lanjut Bunda Tatik mengatakan, Merujuk data Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo), hingga akhir Februari 2022 ini, stok kedelai impor hanya tersedia 300 ribu ton. Sedangkan rata-rata kebutuhan kedelai bulanan sekitar 250 ribu ton. 

Bunda Tatik mendesak kepada pemerintah, terutama Kementerian Perdagangan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya spekulasi harga dan praktek kartel kedelai impor yang menyebabkan terjadinya oligopoli atau dikuasainya pasokan kedelai oleh segelintir perusahaan.

Wartawan : Reva Marliana
Editor : Devi

Baca Juga  Direktur PT Kya Graha 'AK' Diduga Korupsi Proyek Pelebaran Jalan PUPR Kembalikan 2,4 M

Tag: Tempe, Surabaya

Share :

Baca Juga

Jawa Timur

Lapas Perempuan Malang ada Sisilia Peduli

Jawa Timur

GNKI Salurkan Bantuan Untuk Korban Semeru

Jawa Timur

SDI Al Mubarok Gunung Anyar Peringati Isra’ Mi’raj Sekaligus Launching Sekolah Berbasis Pesantren

Jawa Timur

Pengprov PGI Jatim Gelar Kejurnas Golf Taman Dayu Junior Challenge Road To PON 2024

Jawa Timur

Puan Silaturahmi ke kantor PWNU Jawa Timu,Jaga Tradisi

Jawa Timur

Wakil Bupati Tulungagung Sambut Hangat Kedatangan Pengurus DPD Partai Gelora

Jawa Timur

Bingkisan Kasih Sayang, Binaan Lapas Perempuan Malang

Ekonomi

Di Ponorogo, Minyak Goreng Dijual Dalam Paketan Sembako

Contact Us