Home / Internasional

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:12 WIB

Rusia Lebih Memilih Donald Trump Untuk Menang Pilpres 2024 – Intelijen

Foto: Anews, Presiden Rusia Putin

Foto: Anews, Presiden Rusia Putin

AS, suararepubliknews.com – Seorang pejabat intelijen AS menyatakan pada hari Selasa (09/07) bahwa Moskow tidak melihat adanya pergeseran preferensi dari pemilu AS sebelumnya dalam hal dukungan Rusia terhadap pemenang pemilihan presiden 2024. Ini mengindikasikan bahwa Moskow lebih berpihak pada calon dari Partai Republik, Donald Trump.

Dukungan Rusia terhadap Trump

Pejabat tersebut memberikan keterangan kepada wartawan tentang keamanan pemilu AS tanpa menyebutkan nama mantan presiden dan calon presiden dari Partai Republik itu ketika ditanya apakah Moskow lebih memilih Trump, seperti yang dinilai komunitas intelijen AS pada pemilu 2016 dan 2020. Namun, pejabat tersebut mengindikasikan bahwa Rusia memang masih memihak kepada Trump.

“Kami belum melihat adanya pergeseran preferensi Rusia dalam pemilihan presiden dari pemilihan sebelumnya, mengingat peran yang dimainkan AS terkait Ukraina dan kebijakan yang lebih luas terhadap Rusia,” ujar pejabat dari Kantor Direktur Intelijen Nasional tersebut.

Pemantauan terhadap Gangguan Pemilu

Pejabat tersebut juga mengatakan bahwa Amerika Serikat belum memantau rencana negara manapun terkait “degradasi atau gangguan” terhadap kapasitas AS untuk menyelenggarakan pemilu 2024. Namun, Washington mengamati bahwa Rusia mulai mencoba mempengaruhi beberapa kelompok pemilih dan “merendahkan” politisi tertentu.

Pengaruh Cina dalam Pemilu AS

Menurut pejabat tersebut, Cina tidak berniat untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden 2024. Pejabat tersebut menjelaskan bahwa tidak ada indikasi bahwa Beijing berusaha untuk campur tangan dalam proses pemilu AS, berbeda dengan upaya yang dilakukan oleh Rusia.

Fokus Rusia pada Politik AS

Rusia telah lama diketahui berusaha mempengaruhi politik AS, terutama dengan menggunakan kampanye disinformasi dan upaya untuk memecah belah masyarakat. Dalam konteks pemilu 2024, tampaknya Moskow masih melihat kepentingan mereka lebih selaras dengan kemenangan calon dari Partai Republik, khususnya Donald Trump.

Baca Juga  Korea Utara Kritik Latihan Militer Gabungan Korea Selatan, Jepang, dan AS

Pejabat tersebut menambahkan bahwa meskipun belum ada rencana konkret yang terdeteksi untuk mengganggu pemilu 2024, Amerika Serikat tetap waspada terhadap segala bentuk campur tangan asing yang dapat merusak integritas demokrasi mereka. (Stg)

Sumber: Anews “Russia prefers Donald Trump as 2024 presidential election victor – intelligence”

Share :

Baca Juga

Internasional

Menteri Luar Negeri Jerman Mengatakan di Kyiv Bahwa Pertahanan Udara adalah ‘Prioritas Mutlak’ bagi Ukraina

Internasional

Kepala Konferensi Pemulihan Ukraina Mengundurkan Diri di Tengah Perselisihan dengan Kyiv

Internasional

Pelaku Penembakan PM Slovakia Diidentifikasi Sebagai Penulis dan Penyair Berusia 71 Tahun

Internasional

Pertikaian Israel dan Hizbullah Meningkatkan Risiko Konflik yang Lebih Luas

Internasional

Puluhan Pemukim Ilegal Israel Menerobos Masuk ke Masjid Al-Aqsa

Internasional

Italia: Meloni Jadi Kandidat Kuat Setelah Partainya Raih Kemenangan dalam Pemilu

Internasional

Putin: Rusia Akan Melanjutkan Produksi Rudal Jarak Menengah Berkemampuan Nuklir

Internasional

Pasukan Rusia menyerang perusahaan di wilayah Kharkiv: Empat orang dilaporkan terluka

Contact Us