Home / Olah Raga

Jumat, 21 Juni 2024 - 14:40 WIB

COPA America 2024: Argentina 2-0 Kanada, Penyelamatan Gemilang Maxime Crepeau

Perjuangan Messi dalam memimpin Argentina meraih gelar Copa America

Perjuangan Messi dalam memimpin Argentina meraih gelar Copa America

Argentina dan Kanada Beradu Taktik dalam Pertandingan yang Menghibur di Atlanta

Atlanta, suararepubliknews.com – Perjalanan menuju sebuah turnamen internasional bukanlah perjalanan yang mudah. Argentina tidak perlu melihat jauh ke belakang dalam sejarahnya untuk mengingat hal tersebut. Dua tahun yang lalu dalam perjalanannya menuju kemenangan Piala Dunia, Argentina kalah dalam pertandingan pembuka turnamen dari Arab Saudi. Apa yang terjadi pada Kamis malam di Atlanta tidak terlalu mengkhawatirkan seperti kekalahan di Qatar. Namun Argentina harus menerima pukulan dan berjuang melalui kegagalannya untuk mengamankan kemenangan 2-0 atas Kanada di Mercedes-Benz Stadium.

Peluang-peluang Tertinggal

Kedua tim memiliki kesempatan di sepanjang pertandingan. Angel Di Maria dan Lionel Messi gagal mencetak gol. Dalam kasus Messi, dua kali. Kanada memiliki beberapa peluang bagus ke arah gawang yang tidak dapat mereka gagalkan. Pada akhirnya, gol Julian Alvarez di babak kedua yang diawali dengan umpan terobosan dari Messi kepada Alexis Mac Allister memberikan semangat lebih awal. Lautaro Martinez memastikan kemenangan di menit ke-89 dengan sebuah assist dari Messi.

Permainan Taktis yang Menghibur

Kedua tim akan mendapatkan sesuatu yang positif dari pertandingan ini, baik itu perjuangan Kanada atau kemampuan Argentina untuk mendapatkan hasil meskipun kurang mematikan di saat-saat penting. Secara keseluruhan, ini merupakan sebuah pertandingan yang menghibur di depan para penonton yang riuh untuk memulai Copa América di A.S. Jika harapan dari turnamen ini adalah untuk menampilkan pertunjukan tidak hanya untuk dunia, namun juga untuk para penonton di Amerika, maka malam pertama telah berjalan dengan baik.

Strategi Argentina di Babak Pertama

Argentina tidak bermain lamban di babak pertama, namun mereka terkadang bermain dengan hati-hati, yang mana hal ini tidak biasa bagi mereka. Blok tengah Kanada memaksa Argentina untuk mengayunkan bola ke samping. Ruang terbuka, namun ketika mereka beralih ke Di Maria di sisi kanan, atau ke Marcos Acuña di sisi kiri, Argentina jarang sekali memanfaatkan kesempatan tersebut.

Baca Juga  Francesco Bagnaia Menang MotoGP Jerman 2024, Marc Marquez di Podium Kedua

Babak Kedua yang Lebih Agresif

Argentina menunda untuk kembali ke lapangan setelah turun minum, saat Kanada menunggu dengan sabar di lapangan. Hal tersebut telah menjadi hal yang biasa bagi Messi dan kawan-kawan. Tiga menit memasuki babak kedua, Paredes mengirimkan sebuah umpan panjang diagonal kepada Di Maria, yang memaksa Davies untuk melakukan penyelamatan. Tidak lama kemudian, Argentina mencetak gol pembuka melalui Alvarez, setelah menekan Kanada jauh ke dalam area pertahanan mereka.

Kanada Menunjukkan Perlawanan

Tidaklah adil untuk mengatakan bahwa Kanada merupakan tim yang lebih baik di babak pertama, namun dengan melihat perbedaan ekspektasi dan talenta yang ada, penampilan mereka lebih menonjol. Ya, Kanada menerima beberapa pukulan dan membutuhkan beberapa penyelamatan besar dari Maxime Crepeau, namun ketika mereka menekan ke depan, mereka melakukannya dengan efektif.

Penyelamatan Krusial Crepeau

Selama bertahun-tahun di bawah asuhan Milan Borjan, penjaga gawang kawakan dan sering menjadi kapten Kanada, Maxime Crepeau telah menunggu dengan sabar untuk mendapatkan kesempatannya. Ia menunggu dengan sangat sabar hingga Piala Dunia 2022, ketika patah kaki di final Piala MLS membuatnya kehilangan kesempatan seumur hidup. Namun dengan penyelamatan gemilang saat melawan Argentina, Crepeau menjadi pusat perhatian dan menunjukkan mengapa gawang Kanada kini menjadi miliknya dan hanya miliknya.

Tanggapan Jesse Marsch

Pelatih kepala Kanada, Jesse Marsch, berbicara mengenai penundaan turun minum setelah pertandingan. “Ketika mereka menunggu, saya tahu bahwa mereka melihat video dan mereka menganalisis bagaimana mereka ingin bermain melawan kami. Sekarang, saya berharap lagi, para wasit dapat mengaturnya. Jika kami terlambat lima menit, kami akan mendapatkan denda. Akan ada masalah besar. Kita lihat saja apa yang akan terjadi dengan Argentina,” ujar Marsch. “Namun pada akhirnya, saya hanya memastikan bahwa para pemain tahu bahwa mereka akan tampil dengan rencana baru dan pada dasarnya mereka melakukan sedikit rotasi menjadi tiga pemain, namun kami masih bisa mengatasinya.”

Baca Juga  Prediksi Laga Euro 2024: Jerman vs Denmark

Tanggapan Lionel Scaloni

Mengenai permukaan lapangan sementara di Mercedes-Benz Stadium, Lionel Scaloni mengungkapkan kekesalannya: “Mereka sudah tahu selama tujuh bulan bahwa kami akan bermain di sini dan mereka mengganti permukaan lapangan dua hari yang lalu. Untuk pertunjukan, itu tidak bagus. Saya minta maaf. Ini bukan sebuah alasan, tetapi ini bukanlah lapangan yang layak. Stadion ini indah dan dengan rumput sintetis, seharusnya bisa menjadi spektakuler. Tapi dengan rumput yang ada sekarang, sejujurnya tidak. Tidak, itu tidak cocok untuk para pemain seperti ini.”

Pertandingan Berikutnya

Chile vs Argentina, Rabu, 26 Juni pukul 08:00 WIB (MetLife Stadium, Easter Rutherford, NJ)

Peru vs Kanada, Rabu, 26 Juni  pukul 05:00 WIB (Children’s Mercy Park, Kansas City, KS)

Pertandingan pertama Copa América 2024 ini menunjukkan potensi besar dari kedua tim, dengan Argentina menegaskan dominasinya meskipun Kanada memberikan perlawanan yang sengit. (Stg)

Share :

Baca Juga

Olah Raga

Turki Lolos ke Perempat Final Euro 2024: Merih Demiral dan Mert Gunok Menjadi Pahlawan Kemenangan 2-1 atas Austria

Olah Raga

James Rodriguez Borong Dua Gol, Kolombia Bekuk Paraguay 2-1 dalam Pembuka Grup D Copa America
Brasil menghadapi Kolombia pada hari Rabu, 03 Juli 2024, Kick off Pukul 08.00 WIB

Olah Raga

Prediksi Copa America 2024, Brazil vs Kolombia

Olah Raga

Inggris Berhasil Lolos ke Semifinal Euro 2024 Usai Kalahkan Swiss Lewat Adu Penalti

Olah Raga

Ini Daftar Susunan Pemain Timnas Belanda di Euro 2024

Olah Raga

Slovenia vs Serbia di Euro 2024: Persaingan Ketat di Allianz Arena

Olah Raga

Kolombia Kalahkan Kosta Rika 3-0, Melaju ke Perempatfinal Copa America

Olah Raga

Pertarungan Epik: Spanyol dan Italia Berebut Tempat di Babak 16 Besar Euro 2024

Contact Us