Home / Jawa Barat

Jumat, 29 Juli 2022 - 08:02 WIB

Memo Hermawan Ajak Generasi Muda Menerapkan Nilai – Nilai Kebangsaan dan Konstitusi

Caption : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Jabar XIV (Kabupaten Garut) H. Memo Hermawan saat mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Pagerwangi, Lembang Kabupaten Garut. (Foto : Iin Solihin/Humas DPRD Jabar).

Kab. Garut — Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Memo Hermawan mengajak, generasi muda untuk menerapkan nilai – nilai Kebangsaan dan Konstitusi.

Hal tersebut dikatakan Memo saat melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pagerwangi, Lembang, Rabu (27/07/22).

Memo menjelaskan,  Empat Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Adapun 4 Pilar Kebangsaan terdiri dari Pancasila sebagai landasan ideologi, UUD 1945 menjadi landasan Konstitusi, NKRI sebagai landasan Persatuan dan Kesatuan, serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia melalui Bhinneka Tunggal Ika.

Memo menambahkan, beberapa tahun belakangan rasa nasionalisme masyarakat terhadap Empat Pilar Kebangsaan semakin berkurang.

Berbagai faktor menyebabkan pergeseran nilai budaya seperti masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Yang memprihatinkan, banyak masyarakat yang bahkan tidak hafal butir-butir dari Pancasila itu sendiri.

“Alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal (Butir-butir Pancasila) secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat”, papar Memo.

Memo menekankan, sebelum mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan, masyarakat haruslah mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, Sosialisasi Empat Pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat.

“Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif”, pungkas Memo Hermawan.

Humas DPRD Jabar

Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat

Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. ., M.Si

Share :

Baca Juga

Jawa Barat

Ciptakan Kamtibmas Aman dan Kondusif  di Dalam Bulan Ramadhan Polsek Babakan Polresta Cirebon Gencarkan Patroli

Jawa Barat

Pemkot Cimahi Anggarkan Rp44 Miliar untuk Pilkada 2024

Jawa Barat

Ratusan Personel Gabungan Amankan Muswil ke-21 PWM Jawa Barat di Stadion Ranggajati

Jawa Barat

Personil POS PAM Bunder Polresta Cirebon Sigap Bantu Korban Kecelakaan

Jawa Barat

D-Day: Sejarah, Pelaksanaan, dan Dampaknya

Jawa Barat

Ketua DPC Partai Hanura  Kota Cimahi Euis Isop Rosmaya Ajak Warga  Bersama  Membangun Kota Cimahi

Jawa Barat

Hadiri Pelantikan Kades Terpilih, Dandim 0624/Kab Bandung  

Jawa Barat

PEMKOT CIMAHI  BERIKAN ANUGERAH PEMENANG LOMBA  CITY BRANDING KOTA CIMAHI TAHUN 2024

Contact Us