Home / Jawa Barat

Jumat, 29 Juli 2022 - 08:02 WIB

Memo Hermawan Ajak Generasi Muda Menerapkan Nilai – Nilai Kebangsaan dan Konstitusi

Caption : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Jabar XIV (Kabupaten Garut) H. Memo Hermawan saat mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Pagerwangi, Lembang Kabupaten Garut. (Foto : Iin Solihin/Humas DPRD Jabar).

Kab. Garut — Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Memo Hermawan mengajak, generasi muda untuk menerapkan nilai – nilai Kebangsaan dan Konstitusi.

Hal tersebut dikatakan Memo saat melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pagerwangi, Lembang, Rabu (27/07/22).

Memo menjelaskan,  Empat Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Adapun 4 Pilar Kebangsaan terdiri dari Pancasila sebagai landasan ideologi, UUD 1945 menjadi landasan Konstitusi, NKRI sebagai landasan Persatuan dan Kesatuan, serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia melalui Bhinneka Tunggal Ika.

Memo menambahkan, beberapa tahun belakangan rasa nasionalisme masyarakat terhadap Empat Pilar Kebangsaan semakin berkurang.

Berbagai faktor menyebabkan pergeseran nilai budaya seperti masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Yang memprihatinkan, banyak masyarakat yang bahkan tidak hafal butir-butir dari Pancasila itu sendiri.

“Alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal (Butir-butir Pancasila) secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat”, papar Memo.

Memo menekankan, sebelum mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan, masyarakat haruslah mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, Sosialisasi Empat Pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat.

“Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif”, pungkas Memo Hermawan.

Humas DPRD Jabar

Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat

Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. ., M.Si

Share :

Baca Juga

Jawa Barat

Patroli Cegah Tawuran Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Amankan Pemuda Membawa Sajam

Jawa Barat

Wakapolresta Cirebon Pimpin Pengecekan Gudang Logistik Kecamatan dan Pemeriksaan Kesehatan Personel

Jawa Barat

Polsek Weru Polresta Cirebon Amankan Penyaluran Beras dari BPN untuk Keluarga Penerima Manfaat

Jawa Barat

Kapolresta Cirebon Hadiri Upacara Ziarah Nasional Peringatan Hari TNI ke-78 di TMP Cakrabuana

Jawa Barat

Paripurna DPRD Kota Cimahi Bahas Penyampaian Raperda PJ Walikota Cimahi 2022

Jawa Barat

Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Sukaragam Sebagai Bentuk  Dukungan agenda Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bekasi

Jawa Barat

Komisi II DPRD Cimahi Sidak Pasar Atas Baru Terkait Isu Pedagang Sulit Beras

Jawa Barat

Majlis Ta’lim Nurul Falah Ciputih Desa Karacak Gelar Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Contact Us