Home / Advertorial

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:27 WIB

Peristiwa-Peristiwa Penting Hari ini Tanggal 28 Mei di Indonesia dan Dunia

Tanggal 28 Mei mencatat berbagai peristiwa bersejarah baik di Indonesia maupun di dunia.

Tangerang, SuaraRepublikNews.com, – Berikut rangkuman dari tim Redaksi Suararepubliknews.com mengenai beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal hari ini, disertai tokoh-tokoh terkenal yang terlibat.

Peristiwa-Peristiwa Penting di Indonesia

  1. Deklarasi Kebangkitan Nasional (1908)

Pada tanggal 28 Mei 1908, Boedi Oetomo, organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia, didirikan oleh Dr. Soetomo dan mahasiswa STOVIA lainnya. Deklarasi ini dianggap sebagai tonggak awal kebangkitan nasional yang menandai bangkitnya kesadaran nasional dan perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Boedi Oetomo berfokus pada peningkatan pendidikan dan kebudayaan, yang kemudian menginspirasi berdirinya organisasi-organisasi kebangsaan lainnya.

  1. Tragedi Trisakti (1998)

Pada tanggal 28 Mei 1998, Tragedi Trisakti terjadi di Jakarta ketika mahasiswa Universitas Trisakti melakukan demonstrasi menuntut reformasi dan berakhirnya pemerintahan Soeharto. Penembakan terhadap para demonstran menyebabkan tewasnya empat mahasiswa dan melukai banyak lainnya. Peristiwa ini menjadi salah satu pendorong utama jatuhnya rezim Soeharto dan awal reformasi di Indonesia.

  1. Penandatanganan Perjanjian Linggarjati (1946)

Pada tanggal 28 Mei 1946, Perjanjian Linggarjati ditandatangani antara pemerintah Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat. Perjanjian ini mengakui de facto kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa, Sumatra, dan Madura, serta mengatur pembentukan negara Indonesia Serikat. Meskipun perjanjian ini tidak sepenuhnya memuaskan kedua belah pihak, ia menjadi langkah penting menuju pengakuan kedaulatan Indonesia.

  1. Gempa Bumi Yogyakarta (2006)

Pada tanggal 28 Mei 2006, gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gempa ini menyebabkan ribuan orang tewas, puluhan ribu luka-luka, dan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal. Bencana ini memicu respons besar-besaran dari pemerintah dan masyarakat dalam upaya pemulihan dan rekonstruksi.

  1. Pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) (1945)
Baca Juga  Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan

Pada tanggal 28 Mei 1945, BPUPKI dibentuk oleh pemerintah Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sidang pertama BPUPKI diadakan pada hari yang sama dan dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI memainkan peran penting dalam merumuskan dasar negara dan konstitusi Indonesia.

Peristiwa-Peristiwa Penting di Dunia

  1. Pembentukan Amnesty International (1961)

Pada tanggal 28 Mei 1961, Amnesty International didirikan di London oleh pengacara Inggris Peter Benenson. Organisasi ini bertujuan untuk mengadvokasi hak asasi manusia dan melawan penindasan politik di seluruh dunia. Amnesty International telah menerima penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 1977 atas upayanya dalam memperjuangkan kebebasan dan keadilan.

  1. Perang Falkland (1982)

Pada tanggal 28 Mei 1982, pasukan Inggris berhasil menguasai Goose Green di Kepulauan Falkland dari pasukan Argentina. Pertempuran ini adalah salah satu momen krusial dalam Perang Falkland, yang berlangsung selama 10 minggu. Kemenangan di Goose Green membantu Inggris memperkuat posisi militernya dan akhirnya memenangkan perang tersebut.

  1. Pembunuhan Louis Mountbatten (1979)

Pada tanggal 28 Mei 1979, Louis Mountbatten, bangsawan Inggris dan pahlawan perang, dibunuh oleh IRA (Irish Republican Army) dalam sebuah serangan bom di Irlandia. Pembunuhan ini mengguncang Inggris dan mempengaruhi hubungan antara Inggris dan Irlandia Utara. Mountbatten dikenal sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah Inggris, termasuk dalam pembagian India pada tahun 1947.

  1. Peluncuran Badan Antariksa Eropa (1975)

Pada tanggal 28 Mei 1975, Badan Antariksa Eropa (European Space Agency, ESA) secara resmi didirikan. ESA bertujuan untuk mengembangkan program antariksa Eropa yang independen dan mempromosikan kerjasama internasional dalam eksplorasi antariksa. ESA telah berkontribusi pada berbagai misi luar angkasa, termasuk pengiriman satelit dan eksplorasi planet.

  1. Pemutaran Perdana Film Star Wars (1977)
Baca Juga  Sosialisasi dan Edukasi TBC dan TPT di RSUD Kota Tangerang

Pada tanggal 28 Mei 1977, film “Star Wars” karya George Lucas diputar perdana di Amerika Serikat. Film ini segera menjadi fenomena budaya global, mempengaruhi industri film dan budaya populer di seluruh dunia. “Star Wars” dikenal karena inovasinya dalam efek khusus dan pengaruhnya terhadap generasi penggemar film.

Demikian rangkuman tim Redaksi Suararepubliknews.com, tanggal 28 Mei diwarnai oleh berbagai peristiwa besar yang memiliki dampak signifikan baik di Indonesia maupun di dunia.

Dari pembentukan organisasi penting dan peristiwa politik hingga tragedi dan inovasi budaya, hari ini mencerminkan beragam aspek sejarah manusia. Dengan memahami dan mengenang peristiwa-peristiwa ini, kita dapat menghargai perjalanan sejarah yang membentuk dunia kita saat ini. (Tim Redaksi).

Share :

Baca Juga

Advertorial

Satpol PP Kota Tangerang dan Petugas Damkar Bahu-membahu untuk Memadamkan Api

Advertorial

Dukcapil Kota Tangerang Memperkenalkan IKD Ke Masyarakat

Advertorial

PUPR BANTEN: WASPADA JALUR RAWAN LONGSOR

Advertorial

Porprov VI Banten Resmi Ditutup pada Selasa 29 November 2022

Advertorial

Bapenda Kota Tangerang Perluas Layanan dengan Metode ‘Jemput Bola’ Bang Baja & Nong Dara

Advertorial

Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Tangerang, Pemkot Tangerang  Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang

Advertorial

Rongga Mulut, Dia Yang Terabaikan : Pemicu Masalah Kesehatanmu’ Webinar HUT RSUD Kota Tangerang Ke-8, Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut Sedunia

Advertorial

Pemkot Tangsel Sosialisasikan Perwal RDTR 2022-2042

Contact Us