Home / tulungagung

Kamis, 7 April 2022 - 22:25 WIB

Undang undang KIP, Diabaikan, Proyek, Pengerjaan Saluran Air Diduga Asal Jadi

Kab.Tangerang.Suara Republik,News.- Proyek pemasangan saluran air U-Ditch dikerjakaan di Kampung Sepatan Kidul Rt 002/004, Kelurahan Sepatan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten, Tangerang, Banten, dikerjakan diduga asal jadi dengan panjang 63 meter, tidak pake lantai dasar saat pemasangan U-Ditch. (Tanggal 13 Maret 2022)

Seperti infestigasi pantaun awak media Suara Republik,news dan LSM  dilokasi kegiatan, mestinya pihak kontraktor pelaksana memasang papan proyek agar masyarakat dapat ikut melakukan pengawasan secara baik di tempat kegiatan bukan untuk menutup-nutupi.

Padahal sudah jelas dituangkan dalam Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), masih banyak rekanan pemborong yang melanggar.

Saat di konfirmasi

Pada saat pemasangan dirabat beton dengan ketebalan 10 centi meter U-ditch banyak sekali temuan dilokasi kegiatan yang tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB), seperi lantai dasar, pemasangan U-ditch pun dalam keadaan banjir tanpa dikeringkan dahulu airnya.

LSM  Ahyar Gema Banten. angkat bicara sebagai anggota Gemma Banten divisi investigasi LSM-( mengatakan setiap kegiatan seharusnya konsultan pengawas, Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) harus berperan aktif untuk mengawasi kegiatan secara langsung bukan membiarkan kontraktor atau pemborong bekerja sesuka hatinya untuk meraup keuntugan yang lebih besar.

Harus mengarahkan spesifikasi teknis dan RAB, pada saat pemasangan U-ditch untuk saluran air harus dilakukan pengalian dan dikeringkan, bukan langsung dilakukan pemasangan U-ditch tanpa memperhatikan lantai dasar, bukan langsun dipasang dipendam dilumpur.

Akibat lemahnya pengawasan dari dinas dan konsultan pada saat pelaksanaan, kami menduga tidak adanya konsultan dan pengawas saat proses pekerjaan berlangsung malah memberi kebebasan kepada kontraktor atau rekanan pemborong diduga adanya kongkalikong. Kata Ahyar.

(Ifhamholid)

Share :

Baca Juga

tulungagung

DPD Partai Gelora Tulungagung Jalin Silaturahmi Ke KPU

tulungagung

Muhammad Nahru Kades Sumberdadi Membenarkan Proses Perceraiannya akan tetapi Tidak Membenarkan Tuduhan Terkait Isu Orang Ketiga

tulungagung

Ketua LPKP2HI Angkat Bicara,Pasca Terjadinya Unjuk Rasa Di SMKN 1 Tulungagung

tulungagung

Wali Murid SMPN 1 Karangrejo Protes Setelah Diminta Bayar Kekurangan Beli Barang Melalui BSM

tulungagung

Wabup Tulungagung & WabupnTrengalek Hadiri Peletakan Batu Pertama Gedung MWC NU Campurdarat

tulungagung

 Warsito Pelaku Pengunggah Vidio Pelecehan Gus Yaqut  Sampaikan Permintaan Maaf Dihadapan Banser Tulungagung

tulungagung

Kadin Disbudpar Tulungagung Sepakat Dengan ASIDEWI demi Kemajuan Pariwisata Tulungagung

tulungagung

Jalan Raya,Rumah Warga & Kantor Desa Ngepoh terkena Dampak Tanah Gerak serta Longsor

Contact Us