Home / TNI/Polri

Jumat, 11 November 2022 - 21:04 WIB

Wakili Kasad, Danrem 071/Wijayakusuma Ziarah Hari Pahlawan Bersama Ulama dan Masyarakat di Kota Pekalongan

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., ikuti Ziarah Hari Pahlawan bersama Ulama dan masyarakat di Kota Pekalongan, Kamis (10/11/2022).

Kota Pekalongan, Suararepubliknes – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., ikuti Ziarah Hari Pahlawan bersama Ulama dan masyarakat di Kota Pekalongan, Kamis (10/11/2022).

Ziarah Hari Pahlawan tersebut merupakan inisiasi dari para alim ulama dan tokoh agama bersama komponen dan elemen masyarakat sebagai wahana penanaman nilai-nilai kepahlawanan bagi para generasi muda bangsa khususnya diwilayah Kota Pekalongan dan sekitarnya serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kehadiran Danrem 071/Wijayakusuma di ziarah tersebut, untuk mewakili Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., dan selaku pribadi serta selaku Dansatkowil Korem 071/Wijayakusuma.

Bertindak selaku pimpinan ziarah Danrem 071/Wijayakusuma Kolone Inf Inf Yudha Airlangga, S.E. Turut serta hadir dalam ziarah ini, Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya beserta para tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan, Walikota Pekalongan beserta Forkopimda, Bupati Pekalongan beserta Forkopimda, Ormas, Mahasiswa, Pelajar dan para Santriwan dan Santriwati Kota Pekalongan serta warga masyarakat.

Ziarah memperingati hari Pahlawan yang dilaksanakan bersama segenap komponen dan elemen masyarakat ini, merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin tiap tahunnya dalam rangkaian memperingati Hari Pahlawan yang diselenggarakan atas inisiasi dari para alim ulama dan tokoh agama serta masyarakatnya.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan bahwa kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati hari Pahlawan yang di inisiasi oleh para alim ulama dan para tokoh agama serta masyarakat untuk menanamkan kembali nilai-nilai kepahlawanan bagi para generasi muda bangsa khususnya yang ada di wilayah Kota Pekalongan dan sekitarnya serta sebagai wahana menggelorakan kembali semangat nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan bagi segenap warga bangsa.

Baca Juga  Panglima TNI Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 15 Perwira Tinggi TNI

 “Ini inisiasi langsung dari para alim ulama dan masyarakat, sebagai bentuk untuk menggelorakan kembali semangat kejuangan dan kepahlawanan bagi para generasi muda bangsa dan masyarakat”, jelasnya.

Mantan Dansat-81/Gultor Kopassus ini, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan. Hal ini, karena penyelenggaraannya dilakukan sendiri oleh para alim ulama dan masyarakat, TNI hanya turut serta berpartisipasi dalam kegiatannya.

“Kegiatan semacam ini, hanya ada di Kota Pekalongan, yang dalam seluruh pelaksanaannya dilakukan oleh alim ulama dan masyarakat”, paparnya.

Perwira Menengah mawar tiga ini, berharap agar kegiatan serupa juga dapat dilakukan diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang lain dan berharap agar apa yang disampaikan ini dapat menggelorakan semangat kejuangan para pahlawan bagi generasi muda dan masyarakatnya, sehingga rasa persatuan dan kesatuan tetap terpatri dan tetap kokoh disetiap sanubari warga masyarakatnya.

Kolonel Yudha juga mengungkapkan, rangkaian kegiatan dalam memperingati hari Pahlawan yang diinisiasi ulama dan masyarakat ini, tidak hanya ziarah saja namun ada kegiatan lain yakni do’a bersama untuk pahlawan yang didalamnya Ikrar Sumpah Pemuda, Ikrar Pemilu Damai dan yang sangat krusial adalah pesan-pesan pahlawan yang disampaikan ulama dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Danrem Wijayakusuma mengajak segenap yang hadir untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT, diberikan kesempatan, keselamatan, ibadah untuk berbuat kebaikan. Selain itu, untuk mendo’akan para pendahulu kita.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini, selain untuk memperingati Hari Pahlawan yang diperingati 10 Nopember tiap tahunnya, momentum ini juga sebagai wahana kita mengenang kembali peristiwa penting bagi masyarakat Kota Pekalongan, yakni peristiwa heroik yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, ulama, tentara pejuang, maupun Polri saat itu yang terjadi pada 3 September 1945 pada saat itu atas inisiatif rakyat, ulama dan pejuang yang tergabung dalam TKR merebut kemerdekaan dari penjajahan Jepang, yang mengakibatkan 33 orang gugur sebagai syuhada”, terang Danrem.

Baca Juga  Bakamla RI Berhasil Evakuasi KM Alexindo 8 Yang Terbakar di Batam

Kolonel Yudha juga berharap dan mengajak segenap yang hadir, untuk memanfaatkan kemerdekaan ini dengan berbuat kebaikan, meningkatkan ibadah, membangun bangsa dan negara ini dengan ikatan berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. “Mari kita bersana-sama niatkan berkumpul disini untuk ibadah dan niatkan semangat mengisi kemerdekaan dengan berbuat kebaikan”, pungkasnya. ( Puji )

Share :

Baca Juga

TNI/Polri

Pererat Jalinan Silaturahmi dan Kebersamaan, Prajurit Korem 071/Wijayakusuma Gelar Halal Bihalal

TNI/Polri

Wujudkan Binter Yang Adaptif, Korem 071/Wijayakusuma Gelar Sosialisasi Bidang Wanwil TA. 2022

TNI/Polri


Kapusbintal TNI: Tantangan Pembinaan Mental Prajurit Tidak Semakin Ringan

TNI/Polri

Sinergi Danrem 071/Wijayakusuma dan Ka SPN Polda Jateng Buka Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri 

TNI/Polri

Danrem Merauke Brigjen TNI Agus Widodo Bagikan Tambahan Gizi Bagi Anak Yang Mengalami Stunting

TNI/Polri

Sebanyak 111 Personel Dikerahkan untuk Amankan TPS Luar Negeri oleh Kabaharkam Polri

TNI/Polri

Jaga Sinergitas, Danramil 1710-01/Kokonao Komsos Bersama Kadistrik dan Kapolsek Mimika Barat

TNI/Polri

Hari Pertama Berdinas, Danrem 174 Kolonel Agus Widodo Lepas Satgas Kizi TNI Konga XX-T Monusco/Congo TA 2023

Contact Us