Home / Internasional

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:13 WIB

Jumlah Warga Mesir yang Meninggal Saat Ibadah Haji Meningkat, Kata Sumber

Sedikitnya 530 warga Mesir telah meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, sementara 31 lainnya dilaporkan hilang akibat cuaca panas ekstrem yang melanda Mekkah

Mesir, suararepubliknews.com – Informasi ini disampaikan oleh sumber-sumber medis dan keamanan kepada media, pada Kamis (20/06).

Ratusan jamaah dari berbagai negara juga telah meninggal dalam beberapa hari terakhir di kota Arab Saudi tersebut, di mana suhu udara kadang mencapai 51 derajat Celcius (124 Fahrenheit).

Sumber medis, yang merupakan bagian dari delegasi resmi haji Mesir, mengungkapkan bahwa sebagian besar jamaah yang meninggal tidak terdaftar secara resmi pada pihak berwenang, sehingga mereka tidak dapat masuk ke dalam area yang disediakan. Seorang saksi mengatakan bahwa ribuan jamaah berbaring di jalanan, terpapar sinar matahari, saat mendaki Gunung Arafah, salah satu ritual penting dalam ibadah haji.

Dilansir dari Media Reuters, Jenazah jamaah yang meninggal kemudian ditutupi dengan kain Ihram, yaitu pakaian sederhana yang dikenakan oleh jamaah haji sampai kendaraan medis tiba, menurut saksi tersebut.

Sebagai rukun Islam kelima, ibadah haji diwajibkan sekali seumur hidup bagi setiap Muslim yang mampu dan merupakan manifestasi paling signifikan dari iman dan ikatan umat Islam. Acara tahun ini, yang dimulai pada hari Jumat minggu lalu, diperkirakan akan diikuti oleh hampir 2 juta jamaah.

Para pakar perubahan iklim mengatakan bahwa peningkatan suhu udara menjadi tantangan yang semakin besar bagi pelaksanaan ibadah haji, meskipun kasus kematian akibat suhu panas bukanlah hal yang baru dan sudah pernah terjadi pada tahun 1400-an.

Pihak berwenang Mesir belum mengkonfirmasi jumlah korban tewas. Kementerian luar negeri dan kementerian emigrasi menyatakan bahwa mereka bekerja sama dengan pejabat Arab Saudi untuk menindaklanjuti pencarian warga Mesir yang hilang dan laporan-laporan mengenai korban jiwa. (Stg)

Share :

Baca Juga

Internasional

Jumat Inpirasi: Dr. Sian Proctor, Astronaut dan Inspirasi dari Langit

Internasional

Penelitian Menunjukkan Semut Melakukan Amputasi untuk Menyelamatkan Temannya

Internasional

Putin akan Kunjungi Kim di Korut Pekan Ini

Internasional

Pasukan Korea Selatan Lepaskan Tembakan Peringatan Setelah tentara Korea Utara Melintasi Perbatasan Darat

Internasional

Presiden Zelensky Ungkap Rencana Komprehensif untuk Penyelesaian Perang dengan Rusia

Internasional

Pelaku Penembakan PM Slovakia Diidentifikasi Sebagai Penulis dan Penyair Berusia 71 Tahun

Internasional

Donald Trump akan Berpidato di Hadapan Kelompok Kristen, Lalu Menggaet Suara Warga Kulit Hitam di Philadelphia

Internasional

Rekanan AS yang Terkait dengan PKK di Suriah Timur Laut Terus Merekrut Anak-anak

Contact Us