Home / Kesehatan

Selasa, 15 Februari 2022 - 09:16 WIB

 Menko Marves: PPLN yang Sudah Vaksinasi Booster Karantina Cukup 3 Hari 

Jakarta,SRN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang sudah melaksanakan vaksinasi booster cukup menjalankan karantina tiga hari saja, mulai Maret 2022. Targetnya, PPLN tak perlu melakukan karantina pada 1 April 2022.

Luhut juga menyebutkan jika kondisi pandemi Covid-19 dunia dan Indonesia semakin membaik, maka pada 1 April 2022 atau bisa lebih awal, seluruh PPLN baik WNA maupun WNI tidak perlu lagi menjalani proses karantina.

Hal tersebut disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers PPKM ‘Update Penanganan Covid-19’ pada Senin (14/2/2022) dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

“Pemerintah tetap berhati-hati dalam menerapkan kebijakan karantina bagi PPLN. Jika beberapa negara dunia sudah menjalankan bebas karantina untuk masuk ke negaranya. Pemerintah tetap menerapkan kebijakan karantina lima hari untuk PPLN,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Namun mulai bulan depan, PPLN baik WNA dan WNI, bagi mereka yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 booster maka masa karantina dapat berkurang menjadi tiga hari. 

“Dengan syarat tetap melakukan entry dan exit PCR. Exit PCR dilakukan PPLN di hari ketiga di pagi hari dan PPLN dapat keluar setelah hasil negatif keluar. Tes PCR ini bisa keluar dalam waktu beberapa jam,” tutur Luhur Binsar Pandjaitan.

Ia menyebutkan PPLN yang sudah selesai karantina diimbau melakukan tes PCR mandiri di hari kelima dan melaporkan ke Faskes/Puskesmas terdekat.( red )

Tag: Headline, trendingberita Indonesia viralberita terbaruberita Indonesia terkiniberita trendingberita terupdateberita  penyebaran Covid-19, PPLN, pandemi Covid-19

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Deklarasi Pembentukan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia ( PDSI )

Kesehatan

Dr. Nadia: Penyebaran Omicron Tinggi, Tetapi Jangan Panik

Kesehatan

 Gejala Omicron Berbeda dari Covid-19 biasanya

Kesehatan

Kemenkes: Tunggakan Klaim Rp 25 T  1,72 juta pasien COVID-19 Sejak 2021

Kesehatan

Pengawasan Vaksin Merah Putih Diawasi Lebih Ketat

Kesehatan

IDI Unhas Saling Tuding Terkait Disertasi Terawan

Kesehatan

BPJamsostek Soal Aturan JHT Terbaru

Kesehatan

Klarifikasi, Terkait  Puskesmas Tolak Warga Saat Berobat.

Contact Us