Home / Metropolitan

Rabu, 9 Maret 2022 - 22:42 WIB

Struktur Pengurus Eco Enzyme Nusantara Pusat

Struktur Pengurus Eco Enzyme Nusantara Pusat

Jakarta,Maret , Suara Republik News, Dalam rangka memperingati Hari Peduli sampah Nasional yang diperingati 21 Februari 2022 yang lalu, dilakukan pelantikan pengurus Eco Enzyme NUsantara,26 Februari 2022 

Dalam sambutannya, Ir.Sinta Saptarina  Soemarno , M.Sc Direktur Pengurangan  Sampah Kementerian Lingkungan Hidup , mengatakan, “ Bergerak bersama  menuju Indonesia  yang lebih indah dan lestari” serta mengajak seluruh  komunitas  Eco Enzyme (EE) menghadiri dan mengikuti  pelantikan  pengurus Provinsi Eco Enzyme Nusantara.

Fenomena sampah di Indonesia,1)Jumlah penduduk terus bertambah. 2)Pola konsumsi masyarakat berubah semakin konsumtif,sampah kemasan dimasa pandemik semakin banyak. 3)Kepedulian masyarakat akan pengelolaan sampah rendah (a.l: kesediaan mengeluarkan iuran kecil bahkan tidak mau bayar.

Sampah tidak terkelola mengakibatkan,(a)dampak negative terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.(b)Pemandangan yang tidak sedap., (c)Rentan dalam menimbulkan berbagai penyakit, (d)Berdampak pada naiknya suhu  pada gas rumah  kaca. Ir.Sinta Saptarina  Soemarno M.Sc Direktur Pengurangan  Sampah Kementerian Lingkungan Hidup, menjelaskan tentang

Setiap orang dalam pengelolaan sampah rumah tangga , wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan, (2) ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan  kewajiban dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebagaimana disebutkan dalam ayat 1, diatur dengan peraturan Daerah.

Komposisi sampah dan dampak sampah  tidak terkelola

Pasal 19  UU 18/2018 tentang pengelolaan sampah,Pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya terdii atas,(a) Pengurangan sampah, (b)penanganan sampah.

Pasal 20 dalam UU tersebut diatas,ayat 1 (satu) Pengurangan sampah sebagaimana dimaksud dalam pasal

Komposisi sampah dan dampak sampah  tidak terkelola

19 huruf a yaitu (1)pembatasan timbunan sampah,(2) pendauran ulang sampah dan atau, (3) pemanfaatan kembali sampah.ayat 2 (dua) Pemerintah dan pemerintah daerah wajib melakukan kegiatan sebagaimana disebutkan   dalam ayat (1),a)Menetapkan  target pengurangan sampah secara bertahap dalam hal tertentu,ayat (3) Pelaku usaha dalam melakukan kegiatan  menggunakan bahan poduksi yang menimbulkan sesedikit mungkin diguna ulang dapat didaur ulang atau mudah diurai.(4)Masyarakat dalam mlakukan kegiatan pengurangan sampah sebagaimana disebut dalam pasal 20 ayat 1,menggunakan bahan yang dapat diurai oleh alam.

Baca Juga  Dr.Bernard SH.DPP GAKORPAN & BAI" FOCUS DISCUSSION "Terkait Putusan MK(Mahkamah Konstitusi )Perdebatan Para Pencari Keadilan & Praktisi PEMERHATI  PERPAJAKAN

Selamat kepada  25 Pengurus Provinsi Eco Enzyme Nusantara atas pelantikan hari ini ( 26 Februari 2022)

Smoga segera tercapai bergerak bersama  menuju Indonesia yang lebih Indah dan lestari. Mari budayakan minim,milah,olah sampah, diawali  dari diri sendiri, mulai dari sekarang ! Salam 3 R: Reduse, Reuse, Recycle. ( Ring-o)

Share :

Baca Juga

Metropolitan

Panitia Percepatan Provinsi Tapanuli ( PPPT) akan Lakukan Pawai Akbar  Menyambut Propinsi Tapanuli (Protap)

Metropolitan

Relawan DGP8 DKI Jakarta Menggelar Kegiatan Jalan Sehat Bersama Melalui TIM Milenial & Generasi Z

Metropolitan

Grand Opening Adira Finance Sobat Expo 2022 Berbagai Merek Mobil Ditampilkan Di Centra Park Mall Jakarta Barat

Metropolitan

Penghentian Ibadah Kembali Terjadi, PGI Minta Ketegasan Pemerintah

Metropolitan

Sengketa Tanah di Daerah Pegadungan Kota Admistrasi Jakarta Barat, Seret Nama Walikota

Metropolitan

Berikan Support, Anggota DPRD DKI Jakarta Kunjungi Rumah RT di Pluit

Metropolitan

Sang Tunanetra Bisa Mengingat Suara, Hingga26 Tahun

Metropolitan

Ketum DPP GWI : Kepolisian harus Tangkap Pelaku Penganiayaan Jurnalis

Contact Us