Home / Jawa Barat

Selasa, 22 Maret 2022 - 05:55 WIB

Konsolidasi Ketercapaian Hasil Pembangunan Kota Bekasi Tahun 2023

Pemkot Bekasi Menggelar Musrenbang RKPD Tingkat Kota di Harris Convention Hall, Kamis (17/3/2022)

Jakarta, Maret 2022, Suara Republik News. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Daerah RKPD Kota Bekasi 2023 dengan tema “Konsolidasi Ketercapaian  Pembangunn” kota Bekasi tahun 2023 di adakan di Harris convention Hall Bulivard Barat Sumarecan  hari Kamis  17Maret 2022.Mengacu pada undangan walikota Bekasi  tanggal 9 Maret 2022 kepada seluruh perwakilan/delegasi  masyarakat kota Bekasi   untuk ikut dalam musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) melalui Zoom meeting

Dalam sambutan nya Plt Wali Kota BekasiTri Adhianto  mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya tengah fokus untuk menyelesaikan enam indikator permasalahan yang masih menjadi pekerjaan rumah dalam masa kepemimpinannya.yaitu (1) Laju Pertumbuhan Ekonomi, (2)Laju Inflasi, (3)Tingkat Pengangguran Tinggi, (4)Kemiskinan, (5)Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan (6)Gini Ratio.Kegiatan Strategis yang merupakan tahun pamungkas,tahun terakhir periode 2018, – 2023.artinya kata Tri Adhianto  ada 6( enam ) indikator yang belum bisa kita capai, agar kedepannya dapat diselesaikan di tahun 2023 nanti,” ucap Tri Adhianto. Tentunya lanjut Tri satu refleksi persiapan pada saat nanti adanya kekosongan masa kepemimpinan di tahun 2023 dan 2024 itu juga menjadi satu bahasan penting saya kira dan beberapa permasalahan dari indikator yang disebutkan diatas  bisa ditangani dengan cukup baik kedepannya,” tutupnya.

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto (ketiga dari kanan) bersama pengurus Komite Ekonomi Kreatif (KEK)

Kota Bekasi Deni Ardini (ketiga dari kiri).

Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Bekasi Dicky Irawan mengatakan jika di Kota Bekasi berdasar Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RJPMD) masih memiliki enam persoalan pokok yang masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang harus di selesaikan. Hari ini kita sampaiakan rekapitulasi sekaligus rancangan rencana kerja strategis. Kalo sampai detailnya belum karena akan masuk di rancangan akhir RKPD, “ungkap Dicky Irawan usai gelaran Musrenbang Kota. Usulan terbanyak masih infrastruktur setelah di himpun dari usulan Kelurahan dan Kecamatan. Dan dalam musrenbang kali ini memang  masih fokus terhadap tujuh permasalahan diantaranya infrastruktur, pemerataan infrastruktur, pemulihan ekonomi yang terdampak covid, serta pengangguran. Musrenbang kali ini adalah final cepter penyelesaian RJPMD 2018-2023.Sesuai temanya masih menurut Dicky konsolidasi menyelesaikan yang belum terselesaikan dari 26 indikator kinerja utama .Ada 6 yang belum tercapai 100 persen meskipun angkanya sudah diatas 90.

”  Jadi menyelesaiakan yang enam indikokator seperti AKIP,  pengangguran dampak Covid, kemiskinan yang meningkat karena covid, akuntabilitas kinerja serta lingkungan,”ucapnya. Kita saat ini kan sudah mulai cicil bagaimana kita membangkitan ekonomi, kemudian kita lebih ke prioritas kepada peningkatan terkait dengan pemberdayaan UMKM,” ucapnya saat ditemui awak media di Bekasi, Kamis, 17 Maret 2022. Kedepanya, kata Tri Adhianto, Pemkot Bekasi memiliki target untuk membangkitkan UMKM lokal guna meningkatkan perekonomian kota. Anggaran untuk UMKM juga akan disiapkan lebih besar lagi untuk mengoptimalkan target tersebut.

Baca Juga  Bupati Bandung  Dadang Supriyatna  Lantik 24 Kepala Desa       

“Yang menjadi salah satu target kita ya UMKM akan kita optimalkan termasuk didalamnya juga menyiapkan anggaran yang lebih besar lagi untuk lebih UMKM,” ungkapnya. Tri Adhianto menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan salah satu kebijakan yang bisa menjadi solusi kepada dunia usaha lokal untuk bangkit. Itu salah satu solusi kegiatan, yang paling penting adalah kebijakannya tadi, memberikan kesempatan kepada dunia usaha untuk bangkit, saat sudah bangkit itu lah kemudian angka pengangguran juga kecil, terus angka ekonominya juga makin besar,” terangnya.

 Peserta zoomeeting musrenbang kota Bekasi ,Kamis 17 Maret 2022 di  Sumarcon

Disi lain   perwakilan dari RT.07/02 Kelurahan Jati Murni  Kecamatan Podok Melati- Bekasi, Edy Andika Ketua  RT 07 dan  Bendaharnya Siti May. Diperoleh keterangan bahwa tidak semua RT/RW yng diundang, bahkan kata Edi, Lurahpun tidak semua diundang ungkapnya.( Ring-0)

Share :

Baca Juga

Jawa Barat

Sinergitas TNI – Polri Dalam Menjaga Kondusifitas Desa Binaannya

Jawa Barat

Rakor DPRD Kota Cimahi Perangi Narkoba di Kota Cimahi

Jawa Barat

Perayaan Hari Guru Nasional  ke-78 di SMP N 2 Tarumajaya Berjalan Baik

Jawa Barat

Pemkot Cimahi Gelar Forum Komunikasi Untuk Tingkatkan Pelaku Pembangunan Sektor Industri

Jawa Barat

PJ.Wali  Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan.S.Si,M.M.   Resmikan  Pojok Ikan  Hias  Pasar  Atas  Baru

Jawa Barat

Polresta Cirebon Ungkap Kasus Pencurian Kendaraan Bermotor Roda Empat Jaringan Jawa-Sumatera

Jawa Barat

Lagi dan Lagi, Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Gagalkan Aksi Tawuran,  Amankan 11 Pemuda

Jawa Barat

Warga Apresiasi Polresta Cirebon Tanam Ribuan Pohon Program Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

Contact Us